Resmikan Wisata Pantai Kantala Poroan, Rektor UMLB Harap Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

  • Whatsapp
REKTOR UMLB, Sutrisno K Djawa bersama Kades Poroan, Amriyani Bidolong dan Camat Lamala, Sumitro meresmikan wisata Pantai Kantala Poroan. FOTO: JAJAD SUDRAJAD

BANGGAI RAYA- Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Banggai yang hobi rekreasi ke pantai, pasalnya kini telah dibuka obyek wisata Pantai Kantala, Desa Poroan, Kecamatan Lamala. Wisata pantai yang juga tersedia permandian kolam air tawar alami di dalamnya ini baru saja diresmikan.

Selasa (23/11/2021) kemarin, Rektor Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB), Sutrisno K Djawa SE., MM., bersama Kades Poroan, Amriyani Bidolong S.Sos  dan Camat Lamala, Sumitro meresmikan obyek wisata Pantai Kantala tersebut.

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam acara peresmian, Anggota DPRD Banggai, Hanira Lasantu, Perwakilan Polsek Lamala, Wakil-wakil Rektor UMLB, Dekan-dekan, para Kades se Kecamatan Lamala, Aparat Desa Poroan, BPD, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan ratusan warga ikut menyaksikan peresmian.

Pengembangan Wisata Pantai Kantala Poroan ini merupakan program yang dilakukan Tim Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) FKIP UMLB melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D). Program ini dibiayai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan ini bagian dari Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Dalam sambutannya, Rektor UMLB, Sutrisno K Djawa memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim HIMABIO yang sukses melaksanakan PHP2D dalam pengembangan wisata Pantai Kantala.

Pengembangan wisata ini kata Rektor Sutrisno, merupakan salah satu indikator untuk mendorong dan menumbuhkan ekonomi masyarakat. “Ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat, untuk mendorong ekonomi di tengah pandemi. Insya Allah Unismuh Luwuk akan terus mengawal program pengembangan wisata ini,” ujarnya.

Kampus hijau UMLB kata Sutrisno, siap mengawal dan berkolaborasi dengan pemerintah desa, maupun pemerintah kecamatan serta semua elemen untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

ANAK-anak tengah berenang di kolam permandian air tawar yang ada di wisata Pantai Kantala Poroan. FOTO: JAJAD SUDRAJAD

“Kita buat pilot projek untuk mendorong ekonomi masyarakat. Berikutnya kita masuk ke desa-desa lainnya. Insya Allah Unismuh Luwuk siap membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan ekomi di Kabupaten Banggai,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Rektor Sutrisno menyampaikan kekagumannya dengan potensi wisata Pantai Kantala. Betapa tidak, wisata itu terlihat indah, banyak spot-spot menarik, dan dilengkapi dengan kolam air tawar yang masih sangat alami. “Ini sudah sangat memenuhi syarat untuk pariwisata. Ada lautnya, pantai, dan ada matahari. Kalau sore-sore bagus sekali, menyaksikan matahari yang akan terbenam,” tutur Sutrisno penuh kagum.

Terkait pengembangan wisata ini kata Sutrisno, merupakan program PHP2D yang didanai oleh Kemendikbudristek dan kampus hijau tahun ini meloloskan dua proposal. Ya, dua proposal itu diajukan oleh Tim HIMABIO FKIP dan BEM Faperta UMLB.

 “Untuk Fakultas Pertanian itu tempat PHP2D-nya di Lauwon, mereka melakukan pengembangan wisata juga terkait potensi wisata Goa Lia Balano. Program-program ini berkaitan dengan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Di mana semua stakeholder di dalamnya terlibat, baik itu pemerintah, masyarakat, sector swasta dan perguruan tinggi itu sendiri. Jadi ada kolaborasi yang baik,” jelasnya.

Telah diresmikannya Wisata Pantai Kantala, Kades Poroan,  Amriyani Bidolong S.Sos., menyampaikan terima kasih kepada UMLB khususnya HIMABIO yang telah ikhlas melaksanakan program PHP2D dalam pengembangan wisata pantai. “Terima kasih juga kepada masyarakat, dan Karang Taruna Poroan yang telah berpartisipasi membantu adik-adik mahasiswa sehingga saat ini Wisata Pantai Poroan dapat diresmikan,” katanya.

Kades berharap, kehadiran Wisata Pantai Kantala ini dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa. Kemudian juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan di bidang pariwisata bagi Pemdes Poroan.

Ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan Camat Lamala, Sumitro kepada kampus hijau UMLB khususnya mahasiswa Biologi yang telah sukses menjalankan PHP2D. Ini kata dia, sejalan dengan program Pemda Banggai dalam pengembangan wisata.

“Hari ini bertarti bertambah lagi tempat wisata di Desa Poroan. Sebagai informasi, di Lamala pada tanggal 28 November 2021 akan diselenggarakan MTQ tingkat Kabupaten Banggai. Semoga kehadiran obyek wisata ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Sebelumnya, Kapolsek Lamala yang diwakili Kanit Binmas menekankan kepada semua tamu yang hadir dan pengunjung di Wisata Pantai Kantala untuk tetap menerapkan protocol kesehatan. Karena ini merupakan hal penting dalam pencegahan penyebaran covid. (*)

Penulis: Jajad

Pos terkait