Resmi Ditutup, Kecamatan Banggai Juara Umum MTQ Tingkat Kabupaten Balut

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Kepala Kantor Wilayah Agama Provinsi Sulawesi Tengah, H. Ulyas Toha menutup dengan resmi MTQ ke VIII tahun 2021 tingkat Kabupaten Banggai Laut (Balut), Senin (29/11/2021).

Tuan rumah pelaksanaan MTQ kali ini adalah Kecamatan Banggai yang berlangsung sejak tanggal 25 November 2021 dan dipusatkan di Gedung Pososungan dan Gedung serbaguna H. Ali Hamid alun-alun taman kota Banggai.

Bacaan Lainnya

MTQ ini mengambil tema ‘Dengan MTQ ke VIII tahun 2021 kita tanamkan nilai-nilai Al-Qur’an untuk kedamaian dan keselamatan bersama’.

Dalam MTQ ini, peraih juara umum pertama adalah tuan rumah yakni Kecamatan Banggai dengan perolehan medali emas 10, perak 14 dan perunggu 4. Disusul kecamatam Banggai Tengah perolehan emas 12, perak 2, dan perunggu 5. Juara ke III Kecamatan Labobo dengan perolehan emas 3, perak 9 dan perunggu 6.

Juara IV diraih Kecamatan Bokan Kepulauan dengan perolehan emas 4, perak 4, dan perunggu 5, selanjutnya juara V Kecamatan Bangkurung dengan perolehan emas 5, perak 2 dan perunggu 3. Selanjutnya juara VI kecamatan Banggai Utara dengan emas 1, perak 1 dan perunggu 1, dan Kecamatan Banggai Selatan ssbagai juru kunci dengan perolehan medali perak 2 dan perunggu 6.

Saat memberikan sambutan, Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Ulyas Toha menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya MTQ ke VIII di Balut.

“Saya atas nama pribadi dan Kementerian Agama mengucapkan terimah kasih kepada seluruh masyarakat Balut, pemerintah dan teristimewah panitia pelaksana atas suksesnya penyelengaraan ifen relegi tahun ini,” kata Ulyas Toha.

MTQ kata dia, memiliki makna yang sangat penting dan sarat dengan nilai-nilai sakral yang perlu diambil dan direnungkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya Asisten I Bagian Pemerintahan dan Kesejateraan Rakyat sekretariat daerah Balut, Aswin Musa membacakan sambutan tertulis Bupati, menyampaikan syukur atas suksesnya MTQ yang digelar di Kecamatan Banggai.

“Semoga ini bisa menjadi potensi berikutnya di berbagai cabang MTQ, dan ini dapat kita tingkatkan dalam rangka pengembangan kemampuan membaca dan memahami Al-Qur’an dengan baik dan benar,” kata Aswin Musa.

Turut hadir pada penutupan tersebut Ketua DPRD Balut, Mahdiani Bukamo, unsur Forkopinda Balut, Tomundo dan para Basalo Sangkap serta para pimpinan OPD dalam lingkup pemda Balut. (*)

Penulis: Aswan Basir

Pos terkait