Peringati Hari AIDS Sedunia, KPA Kabupaten Banggai Sosialisasi di SMAN 3 Luwuk: Ini Pesan Bupati

  • Whatsapp
Abadikan foto bersama di peringatan Hari AIDS Sedunia di SMAN 3 Luwuk. FOTO: BAGIAN FROKOPIMDA BANGGAI

BANGGAI RAYA- Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Banggai memperingati Hari AIDS sedunia dengan memberikan sosialisasi di SMAN 3 Luwuk, Selasa 6 Desember 2022.

Kegiatan ini dihadiri Kadis Pendidikan Kabupaten Banggai, Syafrudin Hinelo, S.STP, M.Si., mewakili Bupati.

Bacaan Lainnya

Kemudian hadir Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Banggai, Hj. Rampia Laamiri, perwakilan dari Dinas P2KBP3A Kabupaten Banggai, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah Wilayah V yang diwakili oleh Kasie SMK, Kepala SMA Negeri 3 Luwuk Dra. Anniah, M.Pd., para Dewan Guru SMA, para Duta Genre dan siswa-siswi SMA Negeri 3 Luwuk serta undangan lainnya.

Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kadis Pendidikan, menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Banggai dan pihak-pihak terkait yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

Peringatan Hari Aids Sedunia kata Bupati Amirudin, ini menunjukkan dukungan kepada mereka yang hidup dengan HIV, dan juga memperingati mereka yang kehilangan nyawa karena Aids.

Peringatan Haris Aids Sedunia di Indonesia dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kemandirian masyarakat. Khususnya perempuan dan remaja dalam pencegahan dan pengendalian Hiv/Aids melalui penggerakkan sumber daya melibatkan semua sektor terkait.

Hari AIDS Sedunia merupakan kegiatan yang bersifat non politis, yang mengajak semua orang untuk terlibat dalam pemahaman problematika Hiv dan Aids.

Untuk Peringatan HARI AIDS sedunia Tahun 2022 ini yang mengusung tema Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS_ dan tema lokal Aku Tau Aku Cegah. Ini merupakan perpaduan tema nasional dan kearifan lokal di Kabupaten Banggai.

Oleh karena itu, Bupati Amirudin mengajak semua pihak untuk sama-sama menjaga dan terus lakukan sinergitas pegiat HIV dan AIDS dari berbagai komponen OPD, anggota Komisi Penanggulangan Aids, LSM, akademisi, relawan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua masyarakat melalui perannya masing-masing.

Di akhir sambutan tertulis, Bupati Banggai berharap agar peringatan Hari Aids Sedunia ini dapat dijadikan momentum untuk melaksanakan edukasi kepada masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Hiv dan Aids. Kemudian juga sebagai bentuk kepedulian serta bentuk empati masyarakat terhadap orang yang yang telah terinfeksi.

Diketahui, peringatan Hari Aids Sedunia ini diawali dengan Sosialisasi HIV/AIDS kepada para siswa-siswi SMA Negeri 3 Luwuk.

Penyuluh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai Oktavianus yang ditemui secara terpisah menyatakan, ini dimaksudkan agar semakin banyak yang paham dengan HIV/AIDS, dan diharapkan mereka bisa menyebarkan informasi ini dan mensosialisasikan kembali di lingkungan mereka.(*)

Pos terkait