Ketat Persaingan, Lulusan Harus Miliki Skill!

  • Whatsapp
PARA lulusan sarjana strata satu tengah mengikuti prosesi wisuda UMLB. FOTO: JAJAD

BANGGAI RAYA- Saat ini persaingan dunia kerja begitu ketat. Olehnya, semua lulusan sarjana harus memiliki skill atau kompetensi yang dapat diandalkan dalam menghadapi persaingan tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala LLDIKTI Wilayah XVI dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Koordinator Wilayah Sulteng, Drs. Irwan Halid, M.Si., di acara Wisuda Angkatan XIX Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) pada 8 Desember 2021, di Hotel Estrella Luwuk.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pendidikan dan pengalaman selama di bangku kuliah dapat menjadi bekal bagi para lulusan baik dalam berfikir dan bertindak, sebagai insan intelektual yang mengedepankan perilaku yang bermartabat dan berbudaya.

Dalam momentum itu, Irwan juga mengingatkan kepada para wisudawan agar tidak takut gagal dalam meraih cita-cita. “Sesungguhnya kegagalan ada jika kita berhenti berusaha sebelum mencapai sukses. Percayalah bahwa sukses akan anda raih jika nilai dan sikap luhur terus saudara kembangkan, niscaya saudara akan sukses di mana pun berada, baik sebagai praktisi yang profesional maupun entrepreneur,” pesan Irwan Halid.

Ia juga berharap kepada para lulusan sarjana kampus hijau sebanyak 633 orang itu senantiasa dapat menggunakan kemampuan yang dimiliki. Kunci sukses kata dia, bukan semata karena kuliah di tempat favorit, bukan pula karena lulusan cumlaude atau terbaik.

“Akan tetapi juga saudara memiliki life skil, kejujuran, kepercayaan, dan karakter yang kuat. Sebagai generasi millineal berkarakter diharapkan mampu memanfaatkan peluang dan akses pekerjaan baru yang tidak dikenal sebelumnya dengan berbagai teknologi digital,” harapnya.

Kemudian, Ia juga berpesan kepada para lulusan untuk selalu menjunjung tinggi nama baik almamater UMLB dengan penuh integritas, berkomitmen, serta dapat memberikan feedback yang positif kepada almamater guna perbaikan proses pembelajaran di masa yang akan datang. (*)

Penulis: Jajad

Pos terkait