Gubernur Apresiasi Kinerja KPA Kabupaten Banggai

  • Whatsapp
KADIS Kesehatan Sulteng, dr. I Komang Adi Sujendra, Sp. PD., membacalan sambutan tertulis Gubernur Rusdi Mastura. FOTO: HUMAS PEMKAB BANGGAI

BANGGAI RAYA- Gubernur Sulteng, Rusdi Mastura memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja pengurus Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Banggai. Karena atas kerja kerasnya dalam penanggulangan HIV/AIDS, sehingga masyarakat yang terinfeksi dapat didata dan juga ditangani secara tepat sasaran.

Hal itu disampaikan Gubernur Sulteng, Rusdi Mastura dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kadis Kesehatan Sulteng, dr. I Komang Adi Sujendra, Sp. PD., di acara Peringatan Hari AIDS yang dirangkaikan dengan Pengukuhan Pengurus KPA Kabupaten Periode 2021-2024, Selasa (30/11/2021) Hotel Swiss Bellin Luwuk.

Bacaan Lainnya

Gubernur mengapresiasi kinerja KPA Kabupaten Banggai dalam berbagai upaya edukasi, kolaborasi dan pemberdayaan yang telah dilakukan selama ini untuk menurunkan tingkat risiko penularan HIV/AIDS.

“Semoga para pengurus KPA Banggai dapat bekerja profesional sebagai wujud komitmen saudara-saudara dalam menjalankan amanah jabatan,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris KPA Kabupaten Banggai, Hj. Rampia Laamiri S.Sos., M.Kes., yang juga dikukuhkan dalam kepengurusan periode 2021-2022 melaporkan berbagai kegiatan yang telah dilakukan KPAK Banggai.

SEKRETARIS KPAK Banggai, Hj. Rampia Laamiri membacakan laporan panitia di Hari AIDS Sedunia. FOTO: HUMAS PEMDA BANGGAI

Kegiatan itu mulai dari Pelatihan Voluntery Concelling and Testing (VCT), Penguatan jejaring konselor, pelatihan kelompok dukungan sebaya / guru – guru UKS, pelatihan pemetaan titik – titik potensial kasus HIV/AIDS di Kabupaten Banggai.

Kemudian, gencar melakukan penyuluhan, sosialisasi, VCT pada populasi kunci seperti Salon, tempat Karaoke, Tanjung, dan Warga Binaan Pemasyarakatan) serta pada populasi rentan seperti Pelabuhan ABK dan Perusahaan -Perusahaan.

Melakukan koordinasi dan kolaborasi kegiatan bersama Dinas Kesehatan, RSUD Luwuk, Disnakertrans Banggai, SatPol PP, Lapas, Cabdis Pendidikan wilayah V, dan Dishub dalam rangka pengendalian penularan HIV/AIDS di kabupaten banggai. Berikutnya, Rapat Pokja dan Rapat Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) dengan orang dengan HIV (ODHIV) dan penyebarluasan informasi infeksi HIV melalui Videotron, Media Cetak, dan Radio.

Diketahui, kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Banggai, Furqanudin Masulili, Ketua Tim PKK Banggai, Ir. Hj. Syamsuarni Amirudin,SE, MM., Kadis Kesehatan Banggai, Dr. Anang Otoluwa, dan kepala-kepala ODP, serta peserta yang merupakan Anggota KPA Kabupaten Banggai. Kemudian hadir juga Kasubdit Wilayah IV Direktorat Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah Ditjen Otda Kemendagri, Ir. Moh. Yuliarto M.Si., melalui virtual. (*

Penulis: Jajad

Pos terkait