Cabdis Wilayah V Tanam Perdana Benih Sayur di SMKN 2 Banggai

  • Whatsapp
Kacabdis Wilayah V Provinsi Sulawesi Tengah, Yasser Masulili sedang menanam benih sayur mayor perdana di SMKN 2 Banggai, Kabupaten Banggai Laut. FOTO ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- SMK Negeri 2 Banggai, Kabupaten Banggai Laut melakukan penanaman benih sayur-mayur secara perdana di lokasi perkebunan sekolah. Penanaman secara perdana oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banggai Laut, Drs Ruslan Tolani,MM mewakili Bupati Banggai Laut, Selasa (20/9/2022).

Turut dihadiri,Kepala Cabang Dinas (Cabdis) Pendidikan Menengah (Dikmen) Wilayah V Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut Provinsi Sulawesi Tengah, Yasser Masulili, Kepala OPD, Asisten dan Staf Ahli Pemda Banggai Laut, Camat serta Kepala SMA, SMK,SMP, serta kepala desa dan komite sekolah, masyarakat dan siswa SMKN 2 Banggai.

Bacaan Lainnya

Kacabdis Dikmen Wilayah V Sulteng, Yasser Masulili dalam sambutannya mengatakan, semoga penanaman perdana ini akan bermanfaat, serta berguna tidak hanya untuk diri sendiri, SMKN 2 Banggai, akan tetapi bermanfaat bagi masyarakat, dalam rangka meningkatkan daya ekonomi, produktivitas demi meningkatkan daya vokasi dan skill di SMKN 2 Banggai.

Pada kesempatan itu juga, Ia menyampaikan, progres Cabdis Wilayah V Sulteng sejak dilantik oleh Gubernur dan Wagub Sulteng pada 28 Mei 2022, tentunya ingin membangun pola vokasi keterpaduan, kerjasama, komunikasi dan koordinasi. Semenjak SMA, SMK dan SLB mulai tahun 2017 sudah berada dibawah taktis kewenangan Pemprov Sulteng,

“Kami tetap ingin kolaborasi, kenapa? karena kita juga merupakan bagian sistem administrasi wilayah Banggai Laut. Yang ada di SMKN 2 Banggai, termasuk siswa dan siswi kemudian guru. Mereka semua adalah masyarakat Kabupaten Banggai Laut. Yang tentunya sangat membutuhkan perhatian, kontribusi dan arahan-arahan dari Pemda Banggai Laut, sehingga pengembangan nilai pendidikan, mutu dan kualitas akan lebih sukses,” kata Yasser Masulili.

Kegiatan pengembangan pertanian kata dia, adalah merupakan tindaklanjut dari Cabdis Wilayah V Sulteng dalam rangka pengembangan vokasi. Belum lama ini, Ia hadir di Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai, di SMKN 5 Luwuk Timur dalam rangka panen perdana ayam petelur.

Menurut dia, peternakan ayam petelur di SMKN 5 Luwuk Timur dengan jumlah populasi 1.000 ekor. Program tersebut bekerjasama dengan pihak ketiga.

“Itu untuk jurusan peternakan. Juga untuk Ikan air tawar, saya melakukan langkah-langkah, bagaimana membangun vokasi, pelepasan bibit ikan lele. Yang kami lakukan ini, sudah jelas endingnya kemana, sasarannya sudah jelas,” ujarnya. 

Kacabdis menyampaikan, SMK itu adalah bagian yang sangat penting dalam bermasyarakat, kehidupan dalam dunia pendidikan. Ketika mereka siswa bersekolah di SMKN 2 Banggai, berarti mereka itu hebat, mereka itu bisa.

Dan vokasi kata dia, bisa menguatkan Bangsa Indonesia. Ketika Alumni nanti, setelah lulus, mereka sudah siap berdaya guna, siap ditengah-tengah masyarakat dengan kemampuan skill yang mereka miliki. Ini tidak perlu diragukan.

“Ini saya perlu sampaikan sebagai motivasi pada kalian semua,” ucapnya. 

Ia berharap, peserta didik tetap semangat dan maju untuk bersekolah, dengan skil kemampuan. Ia yakin bahwa siswa SMK mampu dan hebat, vokasi selalu berada digaris terdepan, vokasi dijadikan skala prioritas.

Dalam rangka lanjut Yasser, mendukung visi dan misi Pemprov Sulteng untuk menekan angka kemiskinan, untuk menekan angka inflasi serta untuk mengurangi angka pengangguran ditengah masyarakat dan mengurangi angka kesenjangan sosial ditengah-tengah masyarakat.

“Kemudian dengan vokasi diharapkan juga demi membantu visi dan misi Pemda Kabupaten Banggai Laut. Saya harapkan keluarga besar SMKN 2 Banggai untuk tetap semangat,”harapnya.

Ia menambahkan, final projek Cabdis Wilayah V Sulteng bagi Kabupaten Banggai Laut adalah di Bidang Kemaritiman. Hal tersebut dia sudah laporkan ke Wagub Sulteng, bahwa kemaritiman itu dipusatkan di SMK Banggai Utara, sedangkan untuk pertanian dipusatkan di SMKN 2 Banggai.

Penyampaian itu mendapatkan respon dan apresiasi dari Wagub Sulteng, Ma’mun Amir. Pertahankan dan bangun dunia pendidikan dengan lebih profesioanl dan akuntabel.

“Itu pesanan dari pak Wagub Sulteng. Sebagai pimpinan Dikmen Wilayah V Sulteng, saya mengucapkan terima kasih yang setingi-tingginya dan sebesar-besarnya atas peran dari Pemda Kabupaten Banggai Laut untuk memberikan kontribusi perhatian pada pendidikan,” tambahnya. RUM

Pos terkait