Solan Baru Kintom Banggai Dilanda Banjir, 60 Rumah Warga Terendam dan 1 Rusak

BANGGAI RAYA- Curah hujan dengan intensitas yang tinggi, menyebabkan banjir melanda Desa Solan, Kecamatan Kintom, Kabupaten Banggai, Selasa 1 Agustus 2023.

Peristiwa banjir yang terjadi sekitar Pukul 18.46 WITA itu merendam 60 rumah warga. Bahkan 1 rumah dikabarkan rusak sedang akibat tergerus banjir.

Informasi itu disampaikan Kasi Logistik BPBD Banggai, Ardin Arifin kepada Banggai Raya, Rabu subuh 2 Agustus 2023 via pesan melalui rilisnya.

Ia pun menceritakan bagaimana kronologis terjadinya banjir yang merendam puluhan rumah dan satu rumah warga rusak sedang.

BACA JUGA:  Rayakan IdulAdha, Pekerja JOB Tomori dan Mitra Kerja Salurkan 29 Ekor Hewan Qurban

Sejak Pukul 13.00 sampai dengan 20.18 WITA, hujan mengguyur desa tersebut dengan intensitas tinggi. Sehingga mengakibatkan terjadinya banjir di Desa Solan Baru.

“Dari kejadian ini, air dari riol yang di samping rumah warga  mengenai badan dapur sehingga terbongkar dan terggerus sedimen tanah dan mengakibatkan bangunan tersebut rubuh bagian belakang rumah,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Meneropong Keadilan Islam dalam Kasus Vina, Sebelum 7 Hari: Sebuah Refleksi Hukum dan Moral

Akibat banjir ini, 60 rumah terendam banjir, satu rumah rusak sedang, 77 KK terdampak dan 1 KK mengungsi. Beruntung tidak ada korban jiwa.

Langkah yang dilakukan BPBD yakni pertama melakukan assesment dan koordinasi dengan camat, dan Kades untuk penanganan selanjutnya.

Kedua, Tim Reaksi Cepat BPBD Banggai melakukan perbaikan sementara bagian riul yang terbongkar serta membuka akses untuk aliran air yang menuju ke pantai

Berikutnya, Tim Reaksi Cepat BPBD Banggai melakukan pembersihan menggunakan alkon terhadap rumah warga yang terkena dampak.

BACA JUGA:  Idul Adha 1445 H, Masjid An Nuur Luwuk Sembelih 11 Ekor Sapi Kurban

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial Kabupaten Banggai terkait pengadaan dan pendistribusian logistik,” katanya.

Kebutuhan yang mendesak, pembersihan rumah warga menggunakan Alkon, logistik berupa makanan siap saji, dan air bersih.

Kondisi saat ini banjir telah surut dan akan dilakukan pembersihan kembali pada Rabu hari ini 02 Agustus 2023. (*)

Pos terkait