2 Desa di Nambo Banggai Diterjang Banjir, 3 KK Mengungsi

Tim Reaksi Cepat BPBD Banggai melakukan evakuasi terhadap warga rentan, mulai dari anak-anak, ibu hamil hingga Lansia. Tampak petugas BPBD mengeakuasi anak-anak korban terdampak banjir di Desa Sayambongin, Kecamatan Nambo. FOTO: IST

BANGGAI RAYA- Dua desa di Kecamatan Nambo yakni Desa Padungyo dan Desa Sayambongin dilanda banjir akibat hujan dengan intesitas yang cukup tinggi pada Selasa 1 Agustus 2023.

Banjir yang terjadi sekira Pukul 18.45 Wita ini, mengakibatkan puluhan rumah warga di dua desa itu terendam banjir. Mendapat informasi itu, Tim BPBD Banggai melakukan gerak cepat, hingga mengevakasi anak-anak yang risiko rentan dalam bencana alam.

Kasi Logistik BPBD Banggai, Ardin Arifin menjelaskan, banjir yang melanda Desa Padungnyo ini akibat hujan dengan intensitas cukup tinggi yang terjadi mulai dari Pukul 13.00 sampai dengan 19.00 Wita. Hingga mengakibatkan air dari kuala yang sebelumnya mati meluap dan melanda desa tersebut.

BACA JUGA:  Kepala Deputi Adin dan Bupati Balut Resmikan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah

Akibat banjir di Desa Padungnyo, 25 rumah warga terendam, dan 32 kepala keluarga terdampak. Tanggul yang berada di sekitaran DAS jebol akibat banjir.

Langkah yang dilakukan BPBD Banggai, setiba di lokasi melakukan melakukan assessment serta laporan kaji cepat dilokasi bencana. Kedua, fokus pada penyelamatan jiwa dan evakuasi kelompok rentan baik Lansia, Ibu Hamil dan anak-anak serta Balita.

Kemudian, Tim Reaksi Cepat BPBD Banggai juga melakukan pembersihan disetiap rumah yang terkena dampak. “Kebutuhan mendesa, bahan logistic, pembersihan rumah warga dan perbaikan drainase,” terangnya.

BACA JUGA:  Kapolres Banggai Minta Personelnya Jaga Nama Baik Keluarga dan Polri! 

Kondisi saat ini hujan sudah redah dan banjir sudah mulai surut. Tim TRC masih melakukan pemantauan di aliran sungai.

SAYAMBONGIN

Peristiwa banjir juga melanda Desa Sayambongin. Di Desa ini banjir terjadi sekitar Pukul 19.22 Wita, yang disebabkan curah hunjan yang tinggi dimulai dari sekitar Pukul 13.00 Wita.

“Sehingga mengakibatkan terjadinya banjir di Desa Saimbongin dusun 1 dan dusun 2 sesuai dengan jam kejadian di atas (19.22 Wita),” katanya.

Akibat banjir banjir ini, 20 rumah warga terendam, dan tiga kepala keluarga dilaporkan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi di rumah kerabat dan keluarga terdekat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana alam banjir ini.

BACA JUGA:  Kasus Dugaan Korupsi Talud Gorontalo, Kejari Banggai Masih Hitung Kerugian Negara
Tim Reaksi Cepat BPBD Banggai melakukan evakuasi terhadap warga rentan, mulai dari anak-anak, ibu hamil hingga Lansia. Tampak petugas BPBD mengeakuasi anak-anak korban terdampak banjir di Desa Sayambongin, Kecamatan Nambo. FOTO: IST

Langkah yang dilakukan BPBD Banggai, melakukan Assessment serta laporan kaji cepat dilokasi bencana. Berkordinasi dengan pemerintah setempat dan melakukan evakuasi 4 orang anak di Dusun I Desa Sayambongin untuk dibawa ke dataran tinggi.

Berikutnya,Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Banggai melakukan pemberaihan di rumah warga yang terdampak. “Kebutuhan mendesak untuk korban yakni bahan logistik  dan pembersihan rumah warga menggunakan alkon,” katanya.

Kondisi saat ini, hujan sudah redah dan banjir sudah mulai surut. Tim TRC masih melakukan pemantauan di sumber yang menjadi titik luapan banjir. (*)

Pos terkait