Mahasiswa KKN-PPM Untika Gelar Pameran UMKM di Buko Selatan: Tampilkan Produk Olahan 11 Desa

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Mahasiswa KKN-PPM Untika Luwuk menggelar Pameran UMKM di Desa Lumbi-lubia, Ibu Kota Kecamatan Buko Selatan, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) pada Sabtu (25/2/2023). Dalam pameran UMKM ini menampilkan berbagai produk olahan dari 11 desa hasil binaan mahasiswa itu sendiri.

Pameran yang disambut antusias warga itu dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Setda Bangkep, Nugrahaeni Pakabu, S.H., M.S., dan turut hadir Kadis Pariwisata, Asisten I Setda Bangkep, WR I Untika Luwuk, Dr. Isnanto Bidja, Camat Buko Selatan, kepala desa se Kecamatan Buko Selatan, BPD se-Kecamatan Buko Selatan, Panitia KKN-PPM dan Pembimbing KKN-PPM Buko Selatan dan mahasiswa serta masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Korcam KKN-PPM Buko Selatan, Afandi mengatakan, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dan dukungan dari Pemdes se Kecamatan Buko Selatan dan Pemerintah Kecamatan Buko Selatan untuk menampilkan produk-produk lokal yang merupakan potensi desa masing-masing hasil binaan mahasiswa.

Tujuannya kata dia, agar Pemda Bangkep dapat melihat dan mengetahui secara langsung bahwa sangat banyak dan beragamnya produk-produk lokal masyarakat di Kecamatan Buko Selatan. Sehingga kedepan ini bisa mendapat perhatian penuh Pemda.

Camat Buko Selatan dalam sambutannya, berharap UMKM di Buko Selatan ini dapat diperhatikan oleh Pemda Bangkep. Namun ia menyayangkan pasalnya, instansi terkait yang diundang dalam pameran tersebut tidak hadir.

Olehnya ia menitipkan amanat itu kepada staf ahli agar menjadi catatan dan disampaikan kepada Bupati Banggai Kepulauan. “Bagaimana UMKM kami di Buko Selatan bisa cepat maju sedangkan kegiatan pameran yang luar biasa ini tidak dihadiri oleh dinas terkait,” celetuknya.

Di akhir sambutannya, Camat Buko Selatan berharap kepad Untika Luwuk agar pembinaan UMKM ini tidak selesai hanya di kegiatan KKN, tapi dapat berkelanjutan lewat MoU. Sehingganya UMKM di Buko Selatan dapat terus maju dan berkembang.

Rektor Untika Luwuk, Taufik Bidullah  SE., M.Si., yang diwakili Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Isnanto Bidja dalam sambutannya, menyambut baik keinginan dan harapan Camat Buko Selatan untuk pengembangan UMKM hasil binaan mahasiswa KKN-PPM di Buko Selatan.

“Kami akan menindaklanjuti ini dalam bentuk penandatanganan MoU dengan Pemdes atau kelompok-kelompok UMKM binaan mahasiswa agar produk UMKM ini bisa memikiki izin dan bahkan bisa sampai pada pengukuran gizi, agar berikutnya produk UMKM ini bsa dipasarkan bukan hanya di Kabupaten Bangkep tapi sampai ke Kota Luwuk,” ucapnya.

Berikutnya, Bupati Bangkep yang diwakili Staf Ahli menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada mahasiswa KKN-PPM Untika Luwuk yang telah melakukan pembinaan dan pelatihan produk olahan di tiap tiap desa, sehingga hasil produk lokal tiap desa dapat dipamerkan dalan kegiatan pameran UMKM tersebut.

Diketahui, kegiatan pameran ini diisi dengan tarian kolosal dari SMA 1 Buko Selatan, kemudian pada malam harinya kegiatan ini dimeriahkan dengan penampilan pentas seni dan acara hiburan lainnya. Kemudian, di sela-sela acara malam ada kegiatan lomba menu masakan yang menampilkan semua menu masakan tiap-tiap desa yang ada di Buko Selatan. (*)

Pos terkait