Lewat Gerindra, 2 Dosen Unismuh Luwuk Sukses Melenggang ke Parlemen Lalong

Dua dosen Unismuh Luwuk, Herdiyanto Djiada dan Lutpi Samaduri sukses melenggang ke Parlemen Lalong. FOTO: IST/DOK. BR

BANGGAI RAYA- Lewat Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dua dosen atau akademisi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk sukses melenggang ke Parlemen Teluk Lalong.

Dua akademisi muda yang sukses bertarung di perhelatan Pileg DPRD Banggai 2024 itu adalah Herdianto Djiada dan Lutpi Samaduri.

Keduanya sama-sama bertarung menggunakan perahu Partai Gerindra, namun beda daerah pemilihan (Dapil). 

Herdi sapaan akrab Herdiyanto Djiada, harus menanggalkan jabatannya sebagai Wakil Dekan I Fakultas Teknik (Fatek) Unismuh Luwuk untuk maju di Pileg DPRD Banggai. 

Ia bertarung di Dapil 2 Kabupaten Banggai yang meliputi Pagimana, Bunta, Nuhon, Simpang Raya, Lobu, dan Bualemo.

Bertarung di Dapil yang memperebutkan 10 kursi itu, Herdi mampu bersaing dan mendulang suara yang cukup siginifikan. Bahkan torehan suaranya menjadi kedua tertinggi di Partai Gerindra setelah Masnawati Muhammad.

Dengan raihan suara Gerindra yang mencapai lebih dari 10 ribu suara. Sudah bisa dipastikan dua kursi DPRD Banggai dapil dua milik Partai Gerindra, salah satunya adalah Herdiyanto Djiada.

BACA JUGA:  Apresiasi Kinerja 2023, BPJS Kesehatan Luwuk Beri Penghargaan Pada 5 FKTP, Ini Daftarnya!

Kesuksesan Herdi kali ini, tentunya tidak lepas dengan pengalaman yang telah dilaluinya dalam Pemilu sebelumnya. 

Setelah beberapa kali gagal, lewat Gerindra, Herdi kini mampu membuktikan bahwa bisa meraih kursi dan melenggang ke Parlemen Lalong.

Sementara itu, Lutpi Samaduri yang tercatat sebagai Dosen Unismuh Luwuk dan juga sama-sama harus meninggalkan jabatannya sebagai Wakil Dekan I Fakultas Pertanian Unismuh Luwuk. Ia bertarung di Dapil 3 Banggai.

Dapil 3 yang meliputi Kecamatan Masama, Lamala, Mantoh, Balantak Selatan, Balantak dan Balantak Utara itu memperebutkan empat kursi DPRD Banggai.

Bertarung dan berstatus sebagai penantang baru, Lutpi Samaduri sukses memberikan persaingan di perhelatan Pileg DPRD Banggai tahun ini.

BACA JUGA:  Animo Tinggi, Pendaftar di SMPN 3 Luwuk Sudah Tembus 437 Peserta

Berkat strategi dan kepiawaiannya bersama tim pemenangan, Lutpi Samaduri berhasil mendulang suara yang cukup siginifikan. Bahkan torehan suaranya, mampu mengalahkan petahana di internal partai yaitu H. Muchtar Dari SH.

Dalam hasil rekapan suara yang dilakukan internal partai, Lutpi Samaduri diperkirakan dapat mendulang suara 2.900 sampai 3.000 suara.

“Perkiraan suara bisa tembus di angka 2.900 ata 3.000 karena ada beberapa suara dari sejumlah TPS yang belum masuk,” kata Lutpi yang dihubungi via telepon, belum lama ini.

Dengan perolehan suara yang cukup siginifikan, Lutpi Samaduri yang juga Dosen Unismuh Luwuk itu dipastikan tidak akan terkejar oleh Incumbent.

Berhasil meraup suara tertinggi dan mengunci satu kursi, Lutpi Samaduri tak luput menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada masyarakat Dapil 3.

“Terimakasih kepada masyarakat yang telah memilih dan memberikan kepercayaan kepada saya untuk menuju DPRD Banggai,” ucap Lutpi Samaduri, penuh syukur.

BACA JUGA:  Pemkab Morowali Dukung Program PESIAR dalam Perluasan Kepesertaan JKN

Kesuksesan dua dosen Unismuh Luwuk ini, tentunya juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi kampus hijau Unismuh Luwuk.

Rektor Unismuh Luwuk, Dr. Sutrisno K Djawa SE., MM., menyampaikan rasa syukur atas lolosnya dosen Unismuh Luwuk.

“Ini merupakan satu kebanggaan bagi civitas akademika Unismuh Luwuk,” ucap Rektor Dr. Sutrisno K Djawa, via pesan WhatsApp.

Rektor menilai, ini merupakan satu kemajuan demokrasi di Kabupaten Banggai. 

“Artinya rasionalitas pemilih mulai bagus karena rakyat mau melirik wakilnya di parlemen dari latar belakang akademisi,” tuturnya.

Ia berharap, dua akademisi yang lolos menjadi Anggota DPRD Banggai periode 2024-2029 itu bisa memberi kontribusi pemikiran yang komprehensif akselerasi pembangunan di Kabupaten Banggai. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait