Kelurahan Bukit Mambual Terima Bantuan 2.500 Bibit Rica dan Terong dari Disketapang Banggai

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Kelurahan Bukit Mambual, Kecamatan Luwuk Selatan menerima sedikitnya bantuan 2.500 bibit tanaman rica dan terong, belum lama ini.

Bantuan ribuan bibit beserta pupuk dan obat-obatan itu merupakan program satu juta satu pekarangan dari Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Ketahanan Panganan (Disketapang) Kabupaten Banggai.

Bacaan Lainnya

Lurah Bukit Mambual, Juhriati Lasadam S.Sos., yang didampingi Sekretarisnya Ishak SH., mengatakan, penerima manfaat dari bantuan ribuan bibit ini sekitar 100 lebih warga.

Ia mengaku, pembagian bibit tanaman rica dan terong ini telah melalui tahapan sosialiasi dan mengikuti mekanisme yang disampaikan instansi terkait.

Dalam sosialisasi itu, Disketapang Banggai menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kelurahan Bukit Mambual untuk membagikan ke penerima manfaat.

“Sebelumnya untuk data, kami hadirkan Ketua RT, dan RW. Prinsipnya Disketapang berharap ini bisa tersalurkan dengan baik karna nantinya ini akan berkelanjutan,” kata Lurah Juhriati Lasadam, Rabu pagi (25/1/2023) di kantornya.

Namun meski telah didata kata Lurah, ada beberapa warga yang menolak bantuan bibit rica dan terong ini. Selain itu, ada juga warga yang tidak terdata ingin mendapat bantuan.

“Biar ada data, kalau tidak mau tidak bisa dipaksakan. Jadi memang bantuan ini pertama mau. Kalau ada kemauan (kita kasih),” tuturnya.

Dalam pembagian bantuan bibit ini kata Seklur menambahkan, semestinya setiap warga menerima sampai 50 bibit. Hanya saja dilihat lagi dengan kondisi perkarangan yang ada.

“Kalau memungkinkan hanya 10 bibit, ya 10. Tidak bisa kita kasih melebihi yang dibutuhkan. Tapi kalau rata-rata, penerima mendapatkan 15 sampai 20 bibit,” jelasnya.

Pembagian bibit yang bervariasi ini kata Lurah, juga telah disepakati bersama dengan melihat kondisi di lapangan. Apalagi jumlah penerima lebih dari 100 warga.

“Kalau syaratnya, KTP. Punya perkarangan dan mau menanam. Ada kemauan. Jadi tidak dilihat dari status ekonominya, yang penting ada halaman (Perkarangan) dan kemauan,” tegas Lurah yang diamini Seklur.

Selain dibagikan masyarakat, puluhan bibit rica dan terong lainnya juga diperuntukan kebun PKK Kelurahan Bukit Mambual.

“Yang kita taro di halaman aula (Pemkel Bukit Mambual) itu atas saran dari Ibu Kabid Disketapang. Terus ada sisa bibit, untuk kita tanam di kebun PKK,” bebernya.

Diketahui, meski belum sebulan dibagikan, tanaman rica dan terong itu telah berbuah. Dan tidak sedikit masyarakat mulai memanen dari bantuan Disketapang program satu juta satu pekarangan itu.

“Pemerintah berharap, ini bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Ini juga akan terus berkelanjutan, sehingga diharapkan dapat berjalan sukses programnya,” tandas Lurah Juhriati Lasadam. (*)

Pos terkait