Jalan Penghubung Totikum-Salakan Putus Dihantam Banjir

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Hujan yang terus mengguyur beberapa hari terakhir ini menyebabkan Desa Bampanga, Kecamatan Totikum dilanda banjir hingga jalan penghubung antara Totikum dan Salakan terputus, Rabu (21/9/2021).

Terputusnya jalan tersebut, Wakil Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep), Salim j.Tanasa langsung memerintahkan instansi terkait, BPBD, dinas PUPR untuk menangani hal tersebut.

Bacaan Lainnya

“Saya sudah memerintahkan OPD terkait, BPBD dan Dinas PUPR, untuk segera menangani bencana banjir akibat hujan deras  berapa hari terakhir ini, sehingga  mengakibatkan terputusnya ruas jalan Totikum-Salakan akibat banjir,” ujarnya, via telepon.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Bangkep, Saprin K Pitter, dalam keterangannya mengatakan, banjir dengan ketinggian satu meter lebih ini akibat hujan deras yang  berkepanjangan.

Saprin K Pitter

“Hujan deras yang terjadi mulai dari Senin malam  sampai dengan Selasa malam membuat  ruas jalan Totikum-Salakan yang titik kejadiannya berada di  Desa Bampanga membuat ruas jalan terputus akibat banjir,” jelasnya.

Olehnya, BPBD setempat, langsung bergerak cepat dengan mengandalkan 10 anggota Team Reaksi Cepat (TRC) BPBD Banggai Kepulauan untuk segera menangani persoalan banjir yang telah memutus ruas jalan yang membuat kendaraan tidak dapat melewati ruas jalan tersebut

Akibat banjir ini, kendaraan roda dua dan empat terhenti tidak dapat melewati ruas jalan tersebut.

Khusus kendaraan roda empat terpaksa harus putar balik, khusus roda dua, team Reaksi cepat( TRC)  BPBD banggai kepulauan langsung bergerak cepat untuk membuatkan rakit yang kapasitasnya dapat memuat dua unit kendaraan roda dua, dan rakit tersebut diserahkan ke Pemdes Bampanga.

“Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa karna titik kejadian jauh dari pemukiman warga,” utur Dona sapaan akrab Kalak BPBD Bangkep itu.

Adapun harapan Wabup Salim J.Tanasa selaku pemerintah daerah, semoga persoalan ini dapat di terselesaikan dengan cepat.

Dan pihaknya segera turun ke lokasi melakukan kajian terkait kebutuhan penyelesaian  dalam penangan titik lokasi yang sering digenangi air saat musim penghujan.

“Semuanya saya serahkan ke Dinas PUPR dan BPBD agar secepatnya mengambil tindakan, supaya kedepan tidak terjadi lagi banjir di lokasi kejadian yang berada di Desa Bampanga, dan Banggai Kepulaun secara umum,” tandasnya. (*)

Penulis: Abdul Aimang

Pos terkait