Dinsos Ajukan Usulan Bantuan KUBE

  • Whatsapp
Syaifuddin Muid

BANGGAI RAYA- Sebanyak 30 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang tersebar di Kecamatan Pagimana dan Lobu, mendapatkan bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) RI.
KUBE merupakan kelompok keluarga miskin yang dibentuk, tumbuh, dan berkembang atas prakarsanya dalam melaksanakan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk meningkatkan pendapatan demi kesejahteraan sosial keluarga.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banggai, Syaifuddin Muid mengungkapkan, bantuan Kemensos RI kepada KUBE itu berupa uang tunai dan diperuntukkan membesarkan usaha yang dikelola oleh kelompok tersebut.
“Kube yang di Pagimana dan Lobu yang dapat bantuan dari Kemensos. Setiap KUBE mendapatkan uang tunai senilai Rp20 juta dan harus mereka gunakan dalam mengelola usaha mereka,” kata Syaifuddin Muid kepada Banggai Raya di ruang kerjanya, Kamis (5/3/2020).
Bantuan Kemensos RI untuk 30 KUBE tersebut, di antaranya 3 KUBE di Desa Lobu, 7 KUBE di Desa Bolobungkang, di Lamo 3 KUBE, Tongkonunuk 4 KUBE dan 9 KUBE di Kelurahan Pakowa serta 4 KUBE di Desa Uwedaka.
“Tiga puluh KUBE itu di Kecamatan Lobu dan Pagimana, mereka ini yang dapat bantuan dari Kemensos dengan usaha yang bermacam-maca, seperti usaha kelapa, hasil tangkapan nelayan, pembuatan kue dan lainnya,” kata dia.
Untuk tahun 2020 ini, belum diketahui apakah ada bantuan dari Kemensos RI atau tidak sama sekali. Karena semantara ini pihaknya masih mengusulkan ke kementerian. “Tahun ini kami sementa buat pengusulan, hanya belum tahu apa ada bantuan lagi atau tidak,” ujar Syaifuddin. SAH

Pos terkait