IPSI Banggai Tampil di Pembukaan TMMD

  • Whatsapp
Sunarto Awe

BANGGAI RAYA- Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Banggai akan menyemarakkan kegiatan pembukaan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (MMD) Kodim 1308 Luwuk Banggai, di dua kecamatan, yaitu, Kecamatan Moilong dan Toili, pada tanggal 16 Maret 2020.
Sekretaris IPSI Kabupaten Banggai, Sunarto Awe membenarkan hal tersebut. Sesuai rapat di Makodim 1308 Luwuk Banggai, pada Kamis (5/3/2020) sebagai pegiat cabang olahraga, IPSI Banggai diundang untuk memeriahkan kegiatan TMMD Kodim 1308 Luwuk di Kecamatan Moilong dan Toili.
“IPSI Banggai akan mengisi atraksi pembukaan TMMD tersebut. Mereka minta seperti itu, kemudian dilanjutkan dengan kejuaran pencak silat di wilayah TMMD, di Toili. Kegiatanya dilaksanakan selama satu bulan, kita meramaikan. Semacam pesta begitu, dalam menyemarakan TMMD tahun 2020,” kata Sunarto Awe kepada Banggai Raya, via telepon.
Ia mengaku, kalau IPSI Banggai sendiri terbentur dengan anggaran, sebab IPSI tidak memiliki dana. Harapan dalam rapat tersebut, pihak Kodim 1308 Luwuk supaya bisa menghubungi pihak terkait, seperti Dispora atau KONI Banggai.
IPSI Banggai kata dia, selalu mendukung dan menyukseskan TMMD Kodim 1308 Luwuk Banggai tahun 2020, di Kecamatan Moilong dan Toili. Hanya selama ini, IPSI Banggai selalu bergantung pada Pemda Banggai mengenai pendanaan.
“Secara Teknis, Insya Allah IPSI Banggai melalui Ketua Harian, dr. NHD Gunawan, akan mengkoordinir perguruannya bersama delapan perguruan lainnya. Dalam rangka untuk menyukseskan TMMD tahun 2020, di Toili,” ujarnya.
Pertandingan pencak silat dalam menyemarakan TMMD Tahun 2020, di Toili, akan diselenggarakan pada malam hari. Pada acara pembukaan, semoga IPSI Banggai bisa menghadirkan 1.000 peserta pencak silat yang akan beratraksi di kegiatan tersebut. Ada kolaborasi dari 9 perguruan pencak silat se Kabupaten Banggai.
Dia berharap, di tanggal 16 Maret 2020, saat pembukaan, semoga IPSI Banggai bisa menghadirkan 1.000 pesilat. Paling tidak, kurang lebih 500 orang pesilat bisa hadir.
“Sesuai kesepakatan dalam rapat di Aula Makodim 1308 Luwuk Banggai, diusahakan akan ada kejuaraan pencak silat. Kalau untuk dewasa harus melalui KONI Banggai, kalau pelajar maka ke Dispora Banggai. Dua lembaga tersebut bisa berperan menyukseskan TMMD nanti,” demikian Sunarto. RUM