Dinkes Agendakan Pelatihan Dokter Umum

  • Whatsapp
Anang S Otoluwa

BANGGAI RAYA- Dinas Kesehatan (Dinkes) Banggai mengagendakan menggelar pelatihan bagi dokter umum yang bertugas di puskesmas untuk dapat memeriksa mata pasien.

Kepala Dinkes Banggai, Anang Otoluwa mengatakan, pelatihan bagi dokter umum tersebut, untuk mencegah terjadinya lonjakan rujukan pasien yang akan memeriksakan matanya, dari puskesmas ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk.

“Banyak pasien yang dirujuk dari puskesmas ke RSUD untuk memeriksa mata. Untuk itu, kami akan buatkan pelatihan dokter umum yang bertugas di puskesmas,” ungkapa Anang Otoluwa kepada Banggai Raya di ruang kerjanya, Senin (31/8/2020).

Kegiatan tersebut, bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia atau Indonesian Ophthalmologist Association (PERDAMI). Dengan harapan, dokter umum mempunyai kewenangan untuk melakukan pemeriksaan mata. “Nanti kami akan kerjasamakan dengan PERDAMI, supaya dokter umum di puskesmas bisa melakukan pemeriksaan mata,” kata dia.

Kegunaan pelatihan tersebut, supaya warga yang akan melakukan pemeriksaan mata atau pemeriksaan refraksi, bisa dilakukan di puskesmas. “Saat ini, dokter mata di Luwuk hanya ada dua yang bisa melakukan pemeriksaan refraksi. Untuk mengantisipasi banyaknya rujukan dari puskesmas, makanya pelatihan ini kami buat dan Kegunaannya warga sudah bisa melakukan pemeriksaan mata di setiap puskesmas dan tidak lagi datang mengantre di RSUD,” terang dia. SAH

Pos terkait