BMT Al Muhajirin Bagikan Paket Kepada 750 Anggota

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Koperasi Serba Usaha (KSU) Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Al Muhajirin membagikan 750 paket bingkisan kepada anggotanya yang tersebar di sejumlah tempat. Bingkisan berisi kebutuhan pokok semisal, beras 5 Kg, gula 2 Kg, susu 2 kaleng serta teh celup itu diserahkan di empat titik, yakni di kantor pusat Toili, kantor cabang Luwuk, Makapa serta Bunta.

“Masing-masing kantor cabang menyerahkan bingkisan itu kepada anggota koperasi,” tutur Manajer Umum KSU BMT Al Muhajirin, H. Hairi kepada Banggai Raya di sela-sela penyerahan bingkisan di Kantor Cabang BMT Al Muhajirin Luwuk, di Kompleks Pasar Simpong, Luwuk, Selasa (5/5/2020).

Haji Hairi mengaku, pemberian bingkisan paket itu merupakan bagian dari kepedulian koperasi terhadap anggotanya yang memberikan kepercayaan terhadap BMT Al Muhajirin. Program ini sebut dia, merupakan program tahunan khusus momen Ramadan.

Ramadan tahun lalu kata dia, paket bingkisan bukan kebutuhan pokok, tapi bantuan perlengkapan ibadah. Perubahan isi bingkisan itu, karena kondisi pandemi Covid-19. Kebutuhan pokok konsumsi lebih dibutuhkan ketimbang paket bantuan lain.

Koperasi yang berdiri sejak tahun 1998 dan berbadan hukum pada tahun 2003 ini telah memiliki tiga kantor cabang. “Kantor pusatnya di Toili, kantor cabang di tiga tempat. Yakni, Cabang Makapa, Bunta dan Luwuk. Alhamdulillah, respon masyarakat cukup bagus dengan kehadiran BMT Al Muhajirin,” tutur Ketua Pengurus KSU BMT Al Muhajirin, H. Abd. Kholik.

Kholik mengaku, beras 5 Kg yang diberikan kepada anggota KSU Al Muhajirin merupakan produk sendiri. KSU BMT Al Muhajirin sebut dia, memiliki usaha penggilingan padi. “Beras yang kami sediakan itu hasil usaha penggilingan padi milik usaha BMT Al Muhajirin,” tutur Kholik.

Selain bergerak di bidang simpan pinjam kata dia, koperasi yang masuk sembilan besar kategori koperasi terbaik se Indonesia tahun 2019 itu, memiliki usaha lain. “Penggilingan padi itu unit usaha koperasi kami,” kata Kholik.

Keberhasilan KSU BMT Al Muhajirin yang mencatatkan diri sebagai koperasi terbaik se Indonesia itu membanggakan Kabupaten Banggai. Atas keberhasilan itulah, Pemda Banggai mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat, karena dinilai berhasil membina koperasi di daerah.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Banggai, Ernaini Mustatim mengapresiasi kepedulian KSU BMT Al Muhajirin di tengah kondisi seperti saat ini. “Saya sebagai Kepala Dinas Koperasi mengapresiasi program BMT Al Muhajirin,” tutur Ernaini Mustatim kepada Banggai Raya via telepon WhatsApp, kemarin.

Ernaini mengaku, setiap kegiatan yang dilaksanakan BMT Al Muhajirin selalu berkoordinasi dengan instansinya. “Iya, tadi (penyerahan bingkisan) mereka koordinasi ke kami. Saya sangat mengapresiasi kegiata seperti itu,” kataErnaini.

Salah satu tugas koperasi sebut dia, adalah menyejahterakan anggotanya. Pembagian bingkisan itu adalah bentuk menyejahterakan anggotanya. “Kami berharap, apa yang dilakukan BMT Al Muhajirin itu dapat dijadikan contoh oleh koperasi lain. Koperasi lain juga melakukan hal sama, hanya ala kadarnya,” ungkap dia. TOP

Pos terkait