Begini Penampakan 4 Unit Perahu Naga Porprov Sulteng di Banggai, Didominasi Warna Kuning

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulteng di Kabupaten Banggai, sejumlah sarana cabang olahraga mulai masuk ke Luwuk.

Salah satunya adalah perahu naga, yang akan menjadi satu nomor dalam cabang olahraga dayung di ajang Pekan Olahraga Provinsi yang diikuti 13 kabupaten/kota di Sulawesi Tengah, 10-17 Desember 2022 mendatang .

Bacaan Lainnya

Dari penelusuran di lokasi penyimpanan perahu naga tersebut di Gedung Genas Luwuk, perahu yang diperkirakan memiliki panjang sekira 9 meter itu, bercorak khusus dengan dominasi warna kuning lengkap dengan tulisan PODSI Banggai dan logo Kabupaten Banggai.

Ketua PODSI Banggai Rinto Alimun yang dikonfirmasi via WA, Sabtu (12/11/2022) menjelaskan, perahu naga yang dibeli sebanyak 4 unit, harganya Rp67 juta per unit.

Perahu ini diadakan untuk kebutuhan pelaksanaan Porprov karena dalam pelaksanaan Porprov cabang dayung memperebutkan 9 medali emas yakni kategori kayak perorangan dan double, rowing serta ergometer. Khusus kategori dragon boat ada dua kelas yakni 500 dan 750 meter yang terdiri dari 10 pedayung,1 orang mengemudi dan 1 orang lagi penabuh gendang.

Pembelian perahu naga di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah sesuai rekomendasi Pengprov PODSI Sulteng. “Hal ini kami lakukan agar dragon boat berstandar nasional. Kami berterimakasih kepada Bupati, KONI dan ketua panitia yang telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan dragon boat. Fasilitas ini akan kami gunakan dengan baik bukan hanya dipakai saat pelaksanaan Porprov, tapi akan kami gunakan untuk mencari dan mengoptimalkan potensi atlet dayung Kabupaten Banggai,” ujarnya.

Secara spesifik kata Rinto, perahu berbahan fiberglass itu memiliki panjang 902 cm dan lebar 112 cm. Di bagian ujung akan ada kepala naga dan ekor naga. DAR