Relawan Demokrasi Membantu Tugas KPU

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– KPU Banggai resmi mengukuhkan sebanyak 25 orang relawan demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Pengukuhan relawan demokrasi yang bertugas membantu kerja-kerja KPU menyukseskan penyelenggaraan Pilkada tahun ini, dilangsungkan di aula Kantor KPU Banggai, Senin (14/9/2020).

Selain pengukuhan itu, para relawan demokrasi langsung mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) terkait dengan tugas kerja relawan demokrasi di Pilkada yang voting day-nya jatuh pada 9 Desember 2020 mendatang.

Dalam kegiatan bimtek tersebut, para relawan demokrasi diharapkan mampu menjaga netralitas sebagai mitra penyelenggara pemilu. Tidak hanya itu, relawan demokrasi pun diharapkan mampu membantu tugas-tugas KPU Banggai dalam menyukseskan tahapan Pilkada tahun ini.

“Tugas relawan demokrasi adalah membantu kerja-kerja KPU dalam penyelenggaraan pilkada. Misalnya, menyosialisasikan kepada masyarakat untuk memilih dan lainnya. Intinya membantu tugas dari KPU,” kata Komisioner KPU Banggai, Supriadi Lawani.

Hal serupa juga disampaikan Komisioner KPU Banggai, Alwin Palalo. Dalam kesempatannya ketika membawakan materi, Alwin Palalo mengatakan, relawan demokrasi merupakan mitra kerja KPU Banggai dalam rangka menyelenggarakan Pilkada tahun 2020.

“Relawan demokrasi merupakan keluarga besar KPU Banggai,” ujar Alwin.

Para relwan demokrasi itu terdiri dari mahasiswa dan sebagian juga bekas relawan di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

“Relawan demokrasi ini terdiri dari 25 orang. Mereka merupakan para mahasiswa dan juga mantan relawan demokrasi di Pileg 2019 lalu,” terang Alwin.

Tugas relawan lanjut Alwin, untuk meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kualitas pemilih dan membantu KPU untuk menyosialisasikan tahapan penyelenggaraan Pilkada tahun 2020. “Ya, harapan kami agar relawan demokrasi ini bisa membantu kerja-kerja kami dalm menyukseskan pilkada tahun ini,” ujar Alwin.

Tidak hanya itu, di kesempata itu pula, Alwin menyampaikan dan mengingatkan kepada para relawan untuk tetap menjaga protokoler kesehatan ketika menjalankan tugas nanti.

“Diketahui, pilkada kali ini kita diperhadapkan dengan pandemi, olehnya perlu menaati protokoler kesehatan ketika melaksanakan tugas. Misalnya pakai masker dan sering mencuci tangan,” ungkapnya. URY

Pos terkait