Pemutakhiran Data Pemilih, Bupati Amirudin Instruksikan Camat Bantu Kerja KPU

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Bupati Banggai Amirudin Tamoreka menginstruksikan kepada para camat serta jajaran di bawahnya untuk membantu kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banggai dalam pemutakhiran data pemilih.

Instruksi Bupati Amirudin ini disampaikan Asisten II Setda Banggai, Alfian Djibran saat membacakan sambutan bupati di acara penandatanganan MoU Fasilitasi Narahubung Kecamatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Persiapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Estrela Luwuk, Senin (22/11/2021).

Bacaan Lainnya

Bupati mengatakan, akhir-akhir ini ada kecenderungan partisipasi aktif masyarakat dalam pemilu semakin rendah, dikarenakan data yang tidak akurat dan gencarnya kampanye golput mempengaruhi masyarakat di wilayah kecamatan, desa dan kelurahan. “Untuk itu saya menghimbau kepada camat dan jajaran di bawahnya, mengikutsertakan kades, lurah serta tokoh masyarakat menggalang masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilihan serentak tahun 2024 , dan tidak terpancing ke arah golput,” pintanya.

Bupati juga menghimbau KPU Banggai untuk berkoordinasi secara intensif dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banggai untuk pemutakhiran data pemilih.

Dikatakan bahwa pentingnya pemutakhiran data pemilih, karena data pemilih berkelanjutan bertujuan untuk memperbaharui data pemilih.

“Saat ini pemerintah daerah telah memfasilitasi pembentukan Narahubung di setiap kecamatan. Hal ini tentunya untuk membantu tugas-tugas KPU dalam pemutakhiran data pemilih. Para Narahubung nantinya akan memberikan informasi terkini data kependudukan di wilayah kecamatan masing-masing. Informasi ini yang nantinya menjadi bahan KPU dalam memutakhirkan dan menetapkan daftar pemilih berkelanjutan setiap bulan berjalan,” jelasnya. (*)

Penulis: Zainuddin Lasita

Pos terkait