Pemantauan COVID-19, 12 ODP di Banggai Sembuh

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Jumlah warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Banggai terus bertambah. Hingga Minggu petang (12/4/2020), warga berstatus ODP itu sebanyak 27 orang, namun 12 di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai Nurmasita Datu Adam dalam rilisnya, Minggu kemarin mengatakan, pemerintah daerah terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan kasus virus corona atau Covid-19 secara nasional, sehingga memberlakukan sejumlah pengetatan terhadap arus lalu lintas orang. Terhadap mereka yang tercatat memiliki riwayat perjalanan dari kawasan terpapar virus corona dalam kurun waktu 14 hari terakhir, dan kemudian memiliki gejala demam serta batuk, akan diperiksa oleh petugas medis dan kemudian dikenai status orang dalam pemantauan. Terhadap mereka itu, dikenai kewajiban karantina secara mandiri dan kondisinya akan terus dipantau oleh petugas kesehatan.

Meski jumlah ODP di Banggai terus bertambah, namun hingga Minggu kemarin, tercatat sudah 12 orang diantaranya sembuh.

Sementara itu dari infografis yang dirilis Kadinkes Banggai yang juga sekretaris Tim Gugus Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai Dr dr Anang Otoluwa, jumlah ODP terbesar masih berada di Kecamatan Batui sejumlah 10 orang, namun 5 orang sudah dinyatakan sembuh, disusul Luwuk dengan 7 ODP dan 2 dinyatakan sembuh, kemudian Kintom dengan 3 ODP dan 2 sudah sembuh, Luwuk Timur dengan 2 ODP dan keduanya sudah sembuh, Lobu 1 ODP, Luwuk Utara 2 ODP, Luwuk Selatan 1 ODP dan sudah sembuh serta Nuhon 1 ODP.

Dari data tersebut, Luwuk dan Batui sama-sama memiliki 5 ODP yang belum sembuh, disusul beberapa kecamatan lain seperti Luwuk Utara, Kintom, Lobu, Nuhon.

Nurmasita juga menjelaskan, pada hari Minggu kemarin, tim gugus tugas kembali melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap tiga warga yang dikarantina di asrama BKPSDM Banggai di Luwuk Selatan. DAR

Pos terkait