Kontingen Banggai Raih Runner Up di O2SN Tingkat Provinsi Sulteng

BANGGAI RAYA- Kontingen Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Kabupaten Banggai meraih posisi Runner Up pada kegiatan O2SN tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang digelar tanggal 5-8 Juni 2023, di Kota Palu.

Kabupaten Banggai yang turun dengan 22 atlet mulai jenjang SD/MI dan SMP/MTs meraih juara umum ke-2 di bawah kontingen Kota Palu.

Kegiatan O2SN tingkat Povinsi Sulteng yang berlangsung selama 4 hari itu, dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Provinsi Sulteng.

“Untuk SD, kita memperoleh juara II umum, dan SMP juga, kita memperoleh juara II umum. Para pemenang akan mengikuti kejuaraan O2SN tingkat Nasional di Jakarta,” kata Tim Aju Kabupaten Banggai, Supardi Putala kepada Banggai Raya, Rabu (7/6/2023).

BACA JUGA:  Lima Mahasiswa Unismuh Luwuk Ikuti ONMIPA-PT Tingkat LLDIKTI XVI, Ini Daftar Namanya!

Lebih lanjut, Kepala SMPN 5 Luwuk ini menjelaskan, jumlah atlit SD sebanyak 12 orang, terdiri 6 orang atlit putra dan 6 orang atlit putri dengan mengikuti 6 cabang olahraga, yaitu karate, kids atletik, pencak silat, senam lantai, renang dan bulutangkis.

Selanjutnya kata Pengurus KONI Banggai ini, untuk SMP, atlit berjumlah 10 orang, terdiri 5 orang atlit putra dan 5 orang atlit putri, dengan mengikuti 5 cabang olahraga, yaitu karate, atletik, pencak silat, renang dan bulutangkis.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Banggai Sebut Luwuk so Kotor

“Ditambah pelatih/pendamping sebanyak 6 orang untuk SD, dan 5 orang untuk SMP, serta 4 orang official merangkap tim Aju, jadi total kontingen Kabupaten Banggai berjumlah 36 orang,” kata Supardi Putala menambahkan.

Untuk diketahui, peroleham medali O2SN SD/MI tingkat Sulteng, Juara Umum adalah kontingen Kota Palu dengan 4 emas, 2 perak
Posisi kedua, kontingen Banggai dengan 4 emas.

BACA JUGA:  Harga Gas Elpiji Tembus Rp60 ribu, Akademisi : Pemda Harus Tegas Pada Pangkalan

Kemudian ketiga, Parigi Moutong dengan 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Selanjut disusul oleh kontingen Morowali, Banggai Kepulauan, Sigi, Poso, Toli-Toli, Banggai Laut, Donggala, Tojo Una-Una dan Morowali Utara.

Sedangkan O2SN SMP/MTs, juara umum pertama diraih oleh Kota Palu dengan 3 emas, 1 perak, dan 2 perunggu. Kemudian posisi kedua Banggai dengan 1 emas, 3 perak.

Ketiga diraih oleh Banggai Kepulauan dengan 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu. Kemudian disusul Donggala, Banggai Laut, Parigi Moutong, Sigi, Poso, Tojo Una-Una, Morowali, Toli-Toli dan Morowali Utara. RUM

Pos terkait