Jawara Miss Nusantara, Sherina Bakal Tampil di Miss Ocean Tourism International Meksiko

  • Whatsapp
Miss Nusantara 2022, Sherina Novita Yusuf bersama Kadis Pariwisata Kabupaten Banggai, Drs. H. Paiman Karto,MM dan istri serta Kabid Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai, Alfian Q. Ahmad, SS. FOTO ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Sherina Novita Yusuf, gadis cantik kelahiran Luwuk, 4 November 2000 adalah putri dari Yusuf Alhasni yang merupakan pegawai ASN di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai bersama Almarhumah Zaenab Rahman telah menorehkan prestasi luar biasa dan membanggakan.


Sherina dinobatkan sebagai pemenang utama Pemilihan Miss Nusantara Tahun 2022 pada malam Grand Final Ajang Pageant Pemilihan Miss Nusantara Tingkat Nasional Tahun 2022 yang dilaksanakan di Gedung Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia Medan, Sumatera Utara, Jumat (10/6/2022).

Bacaan Lainnya


Atas prestasi tersebut, Sherina Novita Yusuf berhak mengikuti Miss Ocean Tourism Internasional yang akan berlangsung di Meksiko pada awal tahun 2023 mendatang.


Pada Grand Final Miss Nusantara 2022, Sherina tampil sangat memukau juri dan penonton yang hadir malam itu, mulai dari Opening Dance All Finalis, Opening Number pengenalan diri masing-masing finalis,Top 8,Top 5 dan Top 3.


Sherina pada malam itu menggunakan kostum Coctail Dress Pink karya designer Eno Makulase, pada penampilan Speech Top 8 dengan balutan busana Coctail hitam blink karya Eno Makulase, Top 5 gaun karya Dian Adam dan Top 3 Sherina menggunakan kebaya dari Santi Sinaga merupakan Designer Top Medan.


Kabid Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata, Dinas Periwisata Kabupaten Banggai, Alfian Q Ahmad, SS kepada Banggai Raya, Selasa (14/6/2022) mengutarakan, pertanyaan para juri terkait dengan isu-isu terkini, tentang pariwisata, budaya, sosial dan pemberdayaan perempuan dijawab dengan baik oleh Sherina.


“Semua pertanyaan juri dijawab oleh Sherina dengan sangat baik dan percaya diri. Bahkan ada beberapa pertanyaan yang dijawab menggunakan bahasa Inggris, sehingga terdengar gemuruh tepuk meriah dari semua yang hadir pada malam itu, menambah ramainya suasana malam grand final. Apalagi, pada saat pengumuman sang pemenang Miss Nusantara. Semua suporter berteriak menjagokan finalis yang masuk tiga besar,” terang Alfian.


Pertanyaan untuk finalis tiga besar ini langsung diberikan oleh Rahmad, SH selaku CEO Yayasan Miss Nusantara sebagai pelaksana event.


Malam grand final tersebut, dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai, Drs H. Paiman Karto, MM bersama istri. Kehadirannya sekaligus memberikan dukungan kepada Sherina.


“Saat diumumkan, Sherina Novita Yusuf perwakilan Sulawesi Tengah sebagai juara 1 dan dipasangkan mahkota Miss Nusantara 2022 oleh Miss Culture World Indonesia 2022,” jelasnya.


Prestasi utama yang diraih Sherina ini, akan membawa dirinya mewakili Indonesia pada Ajang Pageant Internasional, yakni Miss Ocean Tourism yang akan berlangsung di Negara Meksiko pada tahun 2023.


Selain itu, Sherina Novita Yusuf juga berhasil meraih Special Award Best Advokasi, yang mengangkat tema tentang Motesa Ngata atau Place Full Of Story, memperkenalkan kepada masyarakat tentang geowisata dan geo sejarah yg terbentuk akibat proses geologi. Salah satunya Gempa,Tsunami dan Liquifaksi yang terjadi di Palu.


Sehari sebelum keberangkatannya ke Medan, Sherina berpamitan langsung kepada Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka yang didampingi Kadis Pariwisata Kabupaten Banggai, Paiman Karto dan Kabid Pengembangan Sumberdaya Manusia Pariwisata, Alfian Q.Ahmad.


“Kami diterima dengan sangat baik oleh Bupati Banggai di ruang tamu Kantor Bupati Banggai, selanjutnya diberikan arahan dan motivasi kepada Sherina untuk dapat berkompetisi dengan semangat dan dapat membawa nama harum Kabupaten Banggai dan Sulawesi Tengah pada event yang diikuti ditingkat Nasional. Sherina di support sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai melalui Dinas Pariwisata,” kata Alfian Ahmad.


Kegiatan Ajang Miss Nusantara 2022 dimulai dari karantina para finalis di Skyview Apartemen Setiabudi Medan, dengan jadwal setiap hari yang demikian padat mulai dari registrasi finalis, pemberian materi materi terkait kepariwisataan, budaya, sosial, pemberdayaan perempuan, publik speaking, talent show dan wawancara dengan juri,tanya jawab dan FGD seputar pengembangan kepariwisataan, kebudayaan, sosial dan pemberdayaan perempuan, Gala Dinner, Sashing Ceremony ,Catwalk,koreo photoshoot,videoshoot dan lain-lainnya.


“Salah satu rangkaian Pemilihan Putri Pariwisata Nusantara adalah tampilan kompetisi Evening Gown, National Costume dan Top Model Competition oleh seluruh finalis Nusantara 2022 yang dilangsungkan di Mall Milenium ACT Medan,” terangnya.


Evening Gown yang ditampilkan adalah karya Eno Makulase dan National Kostum dengan mengangkat tema Salodik Waterfall karya Ega Makulase dan Rolly. Pada Malam Grand Final telah dinobatkan Sherina Novita Yusuf perwakilan Sulawesi Tengah sebagai juara 1 Miss Nusantara 2022.


“Kemudian runner up 1 dari Jawa Timur, runner up 2 dari Provinsi NTT, runner up 3 Sulawesi Selatan, runner up 4 dari Riau dan runner up 5 dari Sumatera Barat,” pungkasnya.


Sementara itu, Kadis Pariwisata Kabupaten Banggai, Paiman Karto menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk pemberdayaan para milenial berprestasi dengan memberikan ruang pada milenial daerah untuk mengembangkan potensi diri, mengembangkan talenta, menjadi duta daerah dalam mempromosikan potensi daerah juga sebagai inspirasi generasi muda lainnya.


“Ajang nasional ini untuk penyelenggaraan setiap tahunnya akan dilaksanakan secara bergantian dari provinsi ke provinsi lainnya, yang dianggap layak untuk tempat pelaksanaan tingkat Nasional. Sherina menitipkan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai yang telah memberikan kesempatan meraih prestasi dan kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tengah yang telah mensupport dan mendoakannya,” ujar Paiman Karto menambahkan. RUM

Pos terkait