Gigitan Hiu Penyebab Kabel Indihome Putus, Hoaks!

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Informasi yang beredar di media sosial dan menyebut bahwa penyebab jaringan internet Indihome dan Telkomsel mengalami gangguan karena digigit ikan hiu adalah hoax atau informasi tidak benar.

Dikutip dari Antara, sebuah informasi mengenai penyebab jaringan Internet Indihome dan Telkomsel mengalami gangguan beredar di media sosial.

Bacaan Lainnya

Muncul foto dan video penyebab kabel serat optik bawah laut putus akibat digigit hiu. Selain, itu terdapat pula foto-foto perbaikan jaringan bawah laut itu.

Salah satu pengguna TikTok mengunggah foto dan video tentang kabel Internet Indihome dan Telkomsel yang putus itu.

Dalam narasinya, pengunggah video merujuk video hiu menggigit kabel bawah laut sebagai penyebab kabel fiber optic Indihome rusak.

Berikut narasi lengkap unggahan itu:
“Telkomsel & Indihome down banyak yg protes dan ngomel-ngomel di sosial media bahakan ada ayng buat kata-kata tdk sopan. Buat manusia yg sperti itu tolong agar di kondisikan. Mereka sdh berusaha utk kita dan nya ajuga jadi taruhannya #indihomedown.”

Benarkah video hiu menggigit kabel di bawah laut sebagai penyebab jaringan serat optik milik PT Telkom itu putus?

Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, video yag menampilkan hiu menggigit kabel di bawah laut sebagai penyebab kerusakan kabel Indihome dan jaringan Internet milik Telkom putus merupakan hoaks.

Video tentang hiu yang menggigit kabel serat optik bawah laut sudah beredar sejak 2014. Menurut laporan Theguardian.com berjudul “Google reinforces undersea cables after shark bites”, hiu tersebut menggigit kabel karena mengira kabel itu adalah ikan. 

Kemudian, foto tentang perbaikan kabel serat optik bawah laut Indihome juga salah. Foto-foto itu milik U.S Pacific Fleet yang diambil pada 14 Agustus 2013 di flickr. 

Foto pekerja US Pacific Fleet itu mempunyai keterangan, “Pembangun kelas dua Christopher Farmer ditugaskan untuk Tim Pembangunan Bawah Laut guna memasang pelindung baja disekitar kabel yang berada di 100 kaki di Fasilitas Jangkauan Rudal Pasifik Barking Sands”.

Sementara foto lain tentang perbaikan kabel bawah laut, merupakan foto yang digunakan oleh Detik.com pada berita berjudul “Apa Itu Kable Laut Jasuka yang Bikin IndiHome-Telkomsel Down”. Berita itu dipublikasikan pada 20 Septermber 2021.

Berita itu menggunakan foto seorang yang seakan melangkah di bawah laut sembari memegang kabel. Di bawah foto itu, dituliskan sumber foto yaitu dfense.gov.

Dengan demikian, foto dan video yang beredar tentang kabel bawah laut itu tidak merepresentasikan penyebab dan perbaikan kabel Internet bawah laut milik PT Telkom. (*)

Sumber: Antara

Pos terkait