Didik Ajak Pemuda Lestarikan Cagar Budaya Daerah

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Ketua DPD KNPI Banggai, Didik Djibran mengajak kepada pemuda untuk bersama-sama menjaga kebudayaan daerah ini.

Di tengah arus globalisasi, dan industrialisasi serta di era teknologi yang semakin maju ini kata Didik, pemuda harus mampu menjaga kebudayaan daerah dengan tetap melestarikannya.

Seperti halnya situs cagar budaya jembatan Lobu dari zaman Belanda dan juga tari-tarian daerah serta adat tumpe.

“Karena semakin banyaknya terjadi pergeseran nilai sehingga kita tidak sadar bahwa budaya kita semakin luntur dan itu menyebabkan pemahaman kebudayaan dan nilai-nilai kearifan lokal kita menjadi¬† luntur,” ujar Didik yang pernah menjabat Lurah Tombang Permai itu.

Dalam melestarikan budaya ini, KNPI Banggai bekerjasama dengan himpunan cagar budaya Kecamatan Lobu untuk melakukan aksi serta kegiatan yang berorientasi pada mengedepankan dan mengampanyekan nilai kebudayaan.

“Oleh karena itu mari sama sama kita lakukan aksi nyata untuk melestarikan kebudayaan kita, minimal dalam hal menggunakan media sosial secara bijak untuk mengampanyekan tentang kebudayaan daerah kita,” pesannya.

Didik meyakini, ketika anak muda benar-benar sadar dan bertanggung jawab menjadi agen pembaharu dalam hal kebudayaan, daerah ini akan semakin maju.

“Saya optimis kemajuan daerah ini di masa yang akan datang akan kita songsong dengan berlandaskan khasanah budaya,” tandasnya. JAD

Pos terkait