Dhea Sanjung Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Sangat Baik!

BANGGAI RAYA- Kebutuhan akan jaminan kesehatan memang menjadi hal yang krusial bagi setiap orang, tidak mengenal kelompok usia, golongan, ras dan agama.

Kebutuhan akan jaminan kesehatan menjadi hal yang sangat perlu untuk dipertimbangkan mengingat, sakit dan penyakit bisa datang menghampiri kapan saja. Setidaknya, hal tersebut diakui oleh Dhea Amelia S Sule (21), salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Wanita yang masih berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir di salah satu universitas di Kabupaten Banggai ini telah terdaftar sebagai peserta Program JKN sejak tahun 2019.

Ia pun berkesempata menceritakan pengalamanya selama memperoleh pelayanan kesehatan menggunakan kepesertaan Program JKN.

“Saya sudah terdaftar sebagai peserta Program JKN sejak tahun 2019 dan di tahun 2022 kemarin saya menggunakan kepesertaan pertama kali untuk berobat, tepatnya untuk melakukan operasi benjolan. Awalnya itu ada benjolan kecil di ketiak saya, saya coba hiraukan, tapi lama kelamaan membesar dan cukup mengganggu. Akhirnya keluarga saya putuskan untuk mengecek di dokter dan hasilnya harus dilakukan tindakan operasi,” terang Dhea.

BACA JUGA:  Meriahkan HUT ke-60 Sulawesi Tengah,SKK Migas - JOB Tomori Ikuti Sulteng Expo 2024

Dhea mengakui awalnya merasa cukup cemas, terkait biaya maupun pelayanan yang akan dirinya peroleh, mengingat diirinya sebagai peserta Program JKN dari segmen bantuan pemerintah. Namun ternyata apa yang didaptkan oleh Dhea jauh melebihi ekspektasinya.

Pelayanan yang baik dan professional didapatkan oleh Dhea selama operasi dan masa penyembuhan. Bukan hanya itu, seluruh biaya ditanggung BPJS Kesehatan termasuk obat-obatan.

“Jujur awalnya takut dan khawatir juga, takut ada biaya dan takut pelayannaya tidak bagus soalnya saya hanya pakai ksrtu kepesertaan JKN yang gratis. Tapi ternyata selama operasi dan mendapatkan pelayanan saya dilayani dengan baik tanpa ada kendala sedikit pun. Biaya juga tidak ada yang dibebankan ke saya, semuanya ditanggung BPJS Kesehatan dari biaya operasi sampai obat–obatan semuanya ditanggung. Kecuali kita ada permintaan obat sendiri itu baru tidak ditanggung,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Pemda Banggai Berkomitmen Jadikan Profesi Guru Bermartabat

Dhea pun sangat bersyukur dengan adanya Program JKN, karena dirinya dapat menjalani pengobatan tanpa kendala apapun. Dhea sangat mengapresiasi kehadiran Program JKN di tengah masyarakat.

Menurutnya peran program ini sangat besar bagi masyarakat, dimana kebutuhan akan pelayanan kesehatan dibutuhkan oleh semua orang. “Siapa saja bisa sakit, kita tidak tahu kapan waktunya, tapi semua orang punya risiko untuk sakit. Oleh karena itu, menurut saya peran Program JKN ini sangat besar. Kalau tidak memiliki jaminan kesehatan maka akan sangat menyusahkan sekali apabila kita tiba–tiba sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan. Saya sudah merasakan manfaat besar dari program ini harapan saya program ini dapat terus berjalan untuk masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Pemda Banggai Berkomitmen Jadikan Profesi Guru Bermartabat

Lebih lanjut, Dhea menerangkan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir mengenai pelayanan di BPJS Kesehatan. Dirinya sendiri telah merasakan pelayanan yang cepat mudah dan setara kendati diirnya adalah peserta Program JKN.

“Harapan saya kedepannya lebih di tingkatkan lebih baik lagi, agar BPJS Kesehatan ini semakin di pergunakan oleh sluruh masyarakat, karena sebagian orang menganggap bahwa pelayanan BPJS Kesehatan itu tidak bagus. Padahal sebenarnya pelayanannya tidak seperti apa yang mereka pikirkan. Pelayanan yang diberikan kepada peserta BPJS Kesehatan sangat bagus kalau kita menggunakannya dengan baik, dan mengetahui alur pelayanannya irtu seperti apa,” ungkapnya.

Olehnya, Ia pun mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan dan seluruh pihak yang telah bekerja keras demi Program JKN yang dapat dirasakan oleh semua orang. (*)

Pos terkait