Angkat Tema Andio dan Lainsama, Miss Teenager Sulteng Siap Promosikan Banggai di Event Nasional

BANGGAI RAYA-Dengan mengangkat tema etnis Andio dan burung Lainsama, Brythania Blendzcauva Oroh atau akrab disapa Blendz, akan tampil dalam ajang pemilihan Miss Teenager tingkat nasional di Bandung Jawa Barat, Oktober mendatang.

Saat menyambangi Sekretariat PWI Banggai, Selasa (1/8/2023), Blendz menuturkan bahwa ia terpilih sebagai Miss Teenager Sulteng dalam ajang pemilihan Putra-Putri Adipura se Sulteng di Palu.

Karenanya, ia kemudian berhak mewakili Sulteng dalam event nasional di Bandung.

Terkait tema Andio dan Burung Lainsama, akan tercermin pada busana yang digunakan. Ia mengenakan mahkota berbentuk kepala burung yang disimbolkan sebagai burung Lainsama, burung peliharaan Mapaang, putra Raja Tompotika.

BACA JUGA:  Alasan Ahmad Ali Dukung Sulianti Murad, Tinggalkan Amirudin

Sementara pada pakaiannya, terdapat motif burung bercorak emas.

Tak hanya itu, saat pentas nanti, akan ada pengiring yang mengenakan baju adat Andio, dan Blendz bersama pengiringnya akan membawakan tarian Kayang-Kayang. Tarian ini menceritakan kegembiraan warga Andio di Masama saat musim panen padi.

Kesiapan Blendz untuk tampil di event nasional ini mendapat dukungan penuh dari orang tuanya. Putri kelahiran Luwuk 21 Agustus 2006, dari pasangan Yulianti Budjang dan Ronald Oroh yang kini bersekolah di SMA Negeri 1 Luwuk kelas 3, mengaku bangga dan siap mempromosikan Sulteng dan Kabupaten Banggai khususnya.

BACA JUGA:  Operasi Patuh Tinombala Dimulai, Berlangsung Hingga 28 Juli 2024

Meski demikian, keikutsertaan Blendz di event nasional itu masih membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, terutama pemerintah daerah. Sejauh ini, baru Dinas Pariwisata yang memberikan dukungan dalam bentuk penyediaan busana nasional dan peningkatan kapasitas, serta dari Dinas Kominfo yang akan membuat video profile.

BACA JUGA:  Sepupu Berkelahi di Luwuk, Satu Meninggal

Kabid Pemasaran Pariwisata Subrata Kalape dan Kabid SDM Pariwisata Alfian Ahmad mengatakan, pada event Miss Teenager ini, Dispar memberikan dukungan penyediaan busana nasional yang sudah pernah mendapatkan predikat The Best National Kostum di Jawa Barat.

Blendz sendiri menyampaikan terima kasihnya pada dukungan Dispar dan Kominfo. Supporting dari kalangan lain kata dia, juga akan kian menguatkan tekadnya untuk membawa nama daerah menjadi yang terbaik. DAR

Pos terkait