Turun Aksi Cegah Covid-19, Herwin Yatim Sosialisasikan Perilaku Hidup Sehat

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Bupati Herwin Yatim diakui memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kesehatan masyarakat Kabupaten Banggai, terlebih ketika pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) merebak di beberapa daerah tanah air.

Hingga hal tersebut membuat Herwin menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat Banggai untuk menjaga perilaku hidup sehat. Selain itu, Herwin juga turun ke jalan untuk membagikan sanitizer dan minuman jahe sebagai upaya menangkal dan mengantisipasi Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Dengan aksi dan sosialisasi hari ini, kita juga mengajak masyarakat agar dapat meminalisir keluar rumah. Dan tetap menjaga perilaku hidup sehat, agar masyarakat kita terhindar dari Covid-19,” ujar Herwin, Senin (23/3/2020).

Menurut Bupati Herwin, sosialisasi turun ke jalan tersebut digagas oleh Srikandi DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banggai sebagai bentuk upaya mencegah wabah Covid-19 menyebar di masyarakat.

“Sehingga masyarakat paham dan tidak menyepelekan himbauan dari pemerintah. Dan ikut mendukung pemerintah daerah, dengan membatasi interaksi dan menghindari kerumunan,” sambung Bupati berprestasi ini.

Selain itu, Bupati Herwin Yatim juga mengungkapkan bahwa pemerintah daerah telah melakukan tindakan pencegahan, seperti melakukan skrining suhu tubuh di bandara dan pelabuhan laut serta imigrasi.

Kemudian untuk tim kantor imigrasi telah melarang kapal asing bersandar di dermaga, apabila didapati ada ABK yang demam lebih dari 38 derajat Celsius.

Menanggapi hal tersebut, Ani (48) Koordinator Aksi mengatakan, pembagian aksi bagi sanitizer dan minuman jahe ini sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Banggai.

“Aksi ini turun dengan membagikan 200 sanitizer dan hampir 500 gelas minuman jahe dan sosialisasi pencegahan agar masyarakat terhindar dari virus Corona. Karena melihat kondisi sekarang, alkohol langkah, maka ini sebagai upaya pencegahan virus Corona,” ujar Ani, sembari membagikan sanitizer.

Dengan adanya aksi ini, Hasna (52) masyarakat dari Kota Luwuk sangat mengapresiasi langkah Bupati Herwin, untuk menggerakkan Srikandi DPC PDI Perjuangan, dengan memberikan sosialisasi tindakan pencegahan Covid-19.

“Bagus, karena masyarakat sekarang banyak sudah tahu, namun masih mengganggap remeh. Dengan adanya aksi-aksi ini, masyarakat akan paham bahwa virus Corona ini sangat berbahaya,” ungkap Hasna, sembari meminum jahenya.

Selain itu, Hasna juga bangga bahwa RSUD Luwuk, Kabupaten Banggai menjadi Rumah Sakit rujukan dari pemerintah pusat. Karena menurutnya, dengan begitu ada jaminan keselamatan dibandingkan dengan daerah lainnya. JAD