Warga dari Daerah Terpapar Corona Dikarantina

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Warga Kabupaten Banggai yang baru datang dari sejumlah daerah atau kawasan terpapar virus corona (Covid-19), diminta untuk melakukan karantina secara mandiri dan jangan keluar rumah selama masa tersebut.

Himbauan yang sudah dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Banggai sejak beberapa hari lalu itu, langsung ditindaklanjuti oleh jajaran di kecamatan, seperti yang dilakukan pemerintah di Kecamatan Balantak Selatan.

Bacaan Lainnya

Pemerintah bersama petugas kesehatan di wilayah tersebut, Senin (23/3/2020), mendatangi tiga warga Desa Tongke yang baru kembali dari Surabaya dua hari lalu. “Tiga warga Tongke itu baru datang dari Surabaya pada Sabtu petang lalu,” kata Kasubag Humas Indra Kurniawan dalam rilisnya kemarin.

Saat mendatangi rumah tiga warga itu, petugas dari kecamatan dan puskesmas, melakukan edukasi pada mereka, agar tidak beraktivitas di luar rumah, dan untuk sementara waktu agar melakukan karantina secara mandiri. Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi dan mencegah penyebaran virus corona.

Menurut Indra, dari pemeriksaan petugas kesehatan, ketiga warga Tongke itu dalam keadaan sehat. Sebelumnya, mereka juga sempat diperiksa di bandara.

Sebelumnya, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai melalui juru bicaranya Nurmasita Datu Adam, mengatakan, saat ini pemerintah melalui tim di lapangan, memang gencar melakukan pemeriksaan pada warga yang baru kembali dari wilayah terjangkit atau sudah terpapar virus corona.

Petugas kemudian memberikan arahan agar melakukan social distancing atau pembatasan interaksi sosial dan menjaga jarak dengan warga lain selama 14 hari. Hal itu dimaksudkan untuk memastikan bahwa mereka yang baru kembali dari luar daerah, khususnya kawasan yang sudah terpapar Covid-19, benar-benar sehat dan tidak terjangkit virus corona, sehingga tidak menjangkiti warga di Kabupaten Banggai.

“Ketika memiliki gejala atau mengeluhkan kondisi tertentu, mereka diminta segera melapor pada petugas medis, agar ditangani secara intensif,” ujarnya. DAR