Tim HIMABIO UMLB Sukses Selesaikan PHP2D di Poroan

  • Whatsapp
ABADIKAN momen bersama usai peresmian Tempat Wisata Pantai Kantala. FOTO: JAJAD

BANGGAI RAYA- Tim Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Unismuh Luwuk Banggai atau UMLB yang diketuai Muliyadi Molomban berhasil menyelesaikan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) di Desa Poroan, Kecamatan Lamala.

Program yang berlangsung kurang lebih tiga bulan itu dibiayai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan ini bagian dari Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Bacaan Lainnya

Berbagai kegiatan sukses dilaksanakan di Desa Poroan. Mulai dari pelatihan hingga penataan Wisata Pantai Kantala, yang telah diresmikan oleh Rektor UMLB, Selasa (23/11/2021) kemarin.

Ketua HIMABIO UMLB, Muliyadi Molomban dalam laporannya, menyampaikan terima kasih kepada Pemdes Poroan, yang telah mendukung suksesnya kegiatan PHP2D di desa tersebut. Di mana salah satu program unggulan yang dilakukan adalah penataan ekowisata Pantai Kantala.

Ucapan terima kasih juga tak lupa disampaikan kepada semua elemen masyarakat, para pemuda khususnya yang telah bersama-sama ikut menyukseskan pengembangan wisata Pantai Kantala.

“Terima kasih kepada teman-teman Tim PHP2D yang sampai saat ini masih semangat. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Pembina yang selalu memberi saran, bimbingan dan solusi. Mulai dari awal sampai saat ini. Begitu juga kepada ibu-ibu dasawisma Poroan yang sudah bersedia menyajikan hidangan di acara peresmian ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua Prodi Biologi FKIP UMLB, Wahyudin Abd Karim M.Si., berharap, setelah kegiatan ini program pengembangan wisata Pantai Kantala terus berkelanjutan. “Nanti akan ada MoU antara Unismuh dan Poroan. Kami dari Unismuh Luwuk akan selalu mendukung program-program yang dilakukan Desa Poroan,”  ujarnya yang juga Pembina PHP2D UMLB.

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan PHP2D ini ada cukup banyak program atau kegiatan yang dilakukan. Untuk pelatihan saja, ada pelatihan pembuatan abon jantung pisang, pembuatan sirup dari buah kelapa, pembuatan pupuk organic hingga kerajinan tangan dari tempurung.

Nah, untuk program utamanya dalam PHP2D ini adalah desa wisata yang Selasa (23/11/2021) kemarin, telah diresmikan langsung oleh Rektor UMLB, bersama Kades serta Camat Lamala.

“Terima kasih banyak kepada Pemdes Poroan yang sejauh ini telah banyak membantu untuk kelancaraan kegiatan PHP2D. Terima kasih juga kepada semua elemen masyarakat, mulai dari Karang Taruna, dan tokoh masyarakat, tanpa bapak ibu tentunya tidak akan sukses seperti ini,” ucapnya.

Bagi anda yang ingin piknik atau rekreasi, mungkin Wisata Pantai Kantala Poroan bisa menjadi pilihan. Tempatnya sangat sejuk, dan banyak tempat atau spot-spot untuk berfoto.

Di lokasi wisata juga tersedia kolam permadian air tawar alami yang berdekatan dengan pantai tersebut. Tak hanya itu, di wisata ini juga tersedia gubuk-gubuk untuk berteduh. Sebanyak lima gubuk yang didirikan untuk menunjang pengembangan wisata tersebut. (*)

Penulis: Jajad

Pos terkait