Teken Kerjasama dengan RSUD Salabangkapaku, Upaya BPJS Kesehatan Perluas Akses Layanan

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA – Dalam rangka memperluas akses layanan kesehatan bagi peserta Program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), BPJS Kesehatan Cabang Luwuk melakukan penadatanganan perjanjian kerjasama dengan RSUD Salabangka Paku yang terletak di Kecamatan Bungku Selatan, Kabupaten Morowali.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Bupati Morowali, Senin (17/04) dan disaksikan langsung oleh Bupati Morowali, Drs. Taslim.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Bupati Morowali mengatakan bahwa penandatangan Perjanjian Kerja Sama ini merupakan wujud nyata Pemda Morowali dalam hal memastikan seluruh warganya terjamin oleh Program Jaminan Kesehatan Nasional, serta dapat memperoleh pelayanan yang sama untuk setiap masyarakatnya.

“Salah satu misi kita adalah memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, untuk itu salah satunya adalah bagaimana kita dapat memberikan jaminan kepada seluruh masyrakat, Alhamdulillah kita sudah mencapai angka 95%, namun angka ini belum sepenuhnya bisa dinikmati oleh masyarakat, karena keterbatasan Pemerintah daerah, dimana untuk sepuluh kecamatan, kita hanya punya satu rumah sakit,” ujar Bupati.

Dalam perjalanannya hari ini kata Bupati, telah melakukan penandatanganan PKS untuk Rumah sakit Salabangka Paku, ini adalah wujud nyata yang diharapkan sehingga pelayanan kesehatan berkualitas itu bisa dirasakan oleh masyarakat.

Taslim juga menambahkan untuk pemenuhan kualitas sangat dibutuhkan Sumber Daya Manusia dan sarana dan prasarana termasuk obat-obatan dan alat alat kesehatan.

Olehnya, Ia mengharapkan adanya koordinasi yang baik antar OPD sehingga pelayanan kesehatan kedepannya di RSUD Salabangkapaku, bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Untuk itu pemerintah daerah berkomitmen untuk bersama – sama melengkapi segala kekurangan yang ada.

“Saya harapkan semua pihak menjaga kekompakan antar direktur dan seluruh SDM yang ada di rumah sakit, sehingga ketika ada kendala semua dapat dikomunikasikan dengan baik. Selain itu di internal rumah sakit juga diperkuat, sehingga manajemen semakin hari semakin baik,” katanya.

Kepemimpinan yang bagus akan linear dengan menurunya permasalahan – permasalahan yang ada,  untuk itu diharapkan jajarannya memberikan dukungan sehingga semua dapat berjalan bersama.

Di tempat yang sama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Luwuk, Sanny Christian mengungkapkan bahwa fokus dan tujuan utama BPJS Kesehatan adalah untuk peningkatan akses pelayanan kepada peserta program JKN.

“Terima kasih atas support dari Pemda Morowali kami dapat memperluas akses kesehatan bagi peserta Program JKN di Kabupaten Morowali. Sehingga penduduk yang ada di kepulauan dapat mengakses pelayanan dengan lebih mudah”, ungkap Sanny

Sanny berharap dalam pemenuhan komitmen dapat dilakukan Bersama-sama oleh seluruh pihak terkait sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kualitas layanan di RSUD  Salabangkapaku

“Untuk itu telah dibuatkan Berita Acara Pemenuhan Komitmen perbaikan pada Sarana dan Prasarana di RSUD Salabangkapaku yang nanti akan dilakukan penilaian Kembali seperti apa yang telah dituangkan pada Berita Acara termasuk kesiapan RSUD untuk Akreditasi,” ujarnya.

Besar harapan kata dia, Pemerintah Kabupaten Morowali untuk dapat mendukung penuh dalam pemenuhan sarana dan prasarana serta akreditasi di RSUD Salabangkapaku guna meningkatkan penilaian Kredensialing sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Salabangkapaku.

Menutup sambutannya, Sanny berharap melalui penandatangan kerja sama ini, masyarakat Kabupaten Morowali dapat merasakan kemudahan akses pelayanan kesehatan di RSUD Salubangka Paku.

“Semoga kegiatan kita hari ini dapat menjadi ajang silaturahmi dalam menjalin hubungan baik dengan Pemerintah Kabupaten Morowali serta apresiasi terhadap komitmen yang diberikan Pemerintah Daerah untuk selalu mendukung Program JKN. Kami siap mendukung transformasi mutu layanan di Kab. Morowali dan terus berkolaborasi serta bekerjasama untuk mewujudkan Visi Kabupaten Morowali yaitu Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Morowali yang Sejahtera Bersama,” tandas Sanny. (*)