Hadiri Businesss Matching, Bupati Banggai Siap Dukung Program P3DN

BANGGAI RAYA- Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, MM, dalam agendanya, menghadiri acara Business Matching tahap IV di Bali Nusa Dua Convention Center, pada Kamis (6/10/2022).

Kegiatan yang di hadiri oleh Bupati Banggai merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI terkait Gerakan Nasional dengan Tagline Bangga Buatan Indonesia di Jakarta Convention Center, 24 Mei 2022 lalu.

Acara tersebut, berlangsung selama dua hari dimulai dari tanggal 6 hingga 7 Oktober 2022, yang dihadiri langsung dan dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, serta Perwakilan Kementerian/Lembaga Negara, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD.

BACA JUGA:  Rayakan IdulAdha, Pekerja JOB Tomori dan Mitra Kerja Salurkan 29 Ekor Hewan Qurban

Sekitar ribuan orang yang memadati pada acara tersebut untuk mendengarkan, serta berdiskusi langsung terkait peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri.

Dalam sambutannya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan, Bussiness Matching ini merupakan forum sharing yang mempertemukan Pemerintah Daerah dengan produsen barang dalam negeri dengan maksud agar Pemerintah Daerah membelanjakan barang-barang produksi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan daerah.

“Kegiatan Business Matching ini tidak akan berhenti di Bali. Ini merupakan kick of komitmen, dimana seluruh Kementrian/Lembaga, BUMN dan Pemda sudah menandatangani komitmennya untuk belanja produk dalam negeri,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menko juga menuturkan bahwa seluruh daerah harus kompak dalam pelaksanaan program bangga buatan Indonesia ini.

BACA JUGA:  Idul Adha 1445 H, Masjid An Nuur Luwuk Sembelih 11 Ekor Sapi Kurban

“Ketika kita kompak, bersama dan bergandeng tangan, tentunya kita akan bisa mengatasi inflasi dan menghapus kemiskinan di negara ini, Kedepan seluruh teman-teman Gubernur dan Bupati/Walikota agar bisa melaksanakan belanja produk lokal melalui e-catalog,” ujar Luhut.

Sementara itu, Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka, MM pada kesempatan itu mengatakan, Kabupaten Banggai siap mengembangkan dan mendukung kebijakan nasional melalui program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), karena memang peningkatan penggunaan produk lokal akan sangat membantu masyarakat khususnya di daerah Kabupaten Banggai dalam peningkatan kualitas, keunggulan produk dan peningkatan ekonomi.

“Kita punya produk unggulan lokal seperti batik nambo yang hari ini kita ketahui bersama batik nambo telah dikembangkan dan sudah mendunia, pernah diikutkan dalam fashion week nasional dan internasional,” terangnya.

BACA JUGA:  Meneropong Keadilan Islam dalam Kasus Vina, Sebelum 7 Hari: Sebuah Refleksi Hukum dan Moral

Bupati Banggai menambahkan, kegiatan Bussines Matching ini sangat penting diikuti karena mengingat banyak sekali produk-produk lokal di daerah kita yang perlu dikembangkan, seperti batik tenun, hiasan dari keranjang, hiasan batok kelapa hingga hiasan dari kerang laut. Dan kita, sebagai Pemerintah Daerah harus memberikan dukungan penuh terhadap para pelaku UMKM.

“Kita harus memberikan dukungan kepada pelaku UMKM dengan cara mengangkat produk lokal di daerah sehingga bisa berdaya saing, selain itu juga, kita bisa aplikasikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk belanja produk, sehingga kita juga bisa menaikan taraf hidup dan meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah kita,”tutupnya. (*)

Sumber: DKISP Banggai