Diikuti 12 Wartawan, Bupati Banggai Buka UKW

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bekerjasama dengan Joint Operating body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) resmi menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Gelombang Ke III.

Kegiatan UKW yang diikuti 12 wartawan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, Sabtu pagi (11/10/2021) di Hotel Swiss-Bellin Luwuk.

Bacaan Lainnya

Pembukaan UKW ini dihadiri oleh perwakilan JOB Tomori, Ketua PWI Sulteng, Mahmud Matangara, Ketua PWI DKI Jakarta, Sayid Iskadarsyah yang juga sebagai penguji utama UKW, Ketua PWI Banggai, Iskadar Djiada, dan puluhan wartawan dari berbagai media.

Agus Sudaryanto, Relation, Security & Comdev Manajer JOB Tomori mengatakan, kegiatan UKW ini dilakukan sudah kali ketiga dan telah 20-an lebih wartawan yang sudah tersertifikasi. Namun semuanya baru tersertifikasi muda, dan kedepan akan dirancang untuk pelaksanaan UKW level Madya.

Ia berharap, kegiatan UKW yang akan berlangsung selama dua hari itu berjalan dengan lancar dan sukses. Kemudian dapat melahirkan lulusan wartawan yang berkualitas.

Dalam sambutannya, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PWI dan JOB Tomori yang telah menggelar uji kompetensi wartawan.

Pelaksanaan UKW yang diikuti 12 wartawan ini kata Bupati, tentunya sejalan dengan visi misi Pemda Banggai yakni membangun sumber daya manusia yang berkualitas.

Olehnya, kedepan Kabupaten Banggai juga bersedia untuk mengambil peran dalam kegiatan UKW untuk meningkatkan kualitas wartawan di daerah ini.

Alokasi anggaran untuk peningkatan SDM dalam program aksi ini kata Bupati, 60-an miliar lebih. Rinciannya, Rp20 miliar untuk masyarakat umum dan ASN Rp18 Miliar.

“Untuk masyarakat umum Rp20 Miliar, salah satunya bisa untuk peningkatan kualitas wartawan,” kata Bupati.

Orang nomor satu di Banggai itu berharap, para lulusan UKW ini nantinya bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dalam rangka menyukseskan pembangunan Kabupaten Banggai.

Sementara itu sebelumnya, Ketua PWI Sulteng, Mahmud Matangara mengatakan, belasan wartawan yang ikut dalam UKW ini merupakan putra putri terbaik di Kabupaten Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

Ia berharap, kedepan Pemda Banggai juga bisa mengambil peran untuk menyelenggarakan UKW di Kota Luwuk, khususnya untuk tingkat madya.

“Karena seorang jurnalis itu bukan hanya sekedar kesana kemari. Tapi mereka (wartawan) sudah profesional,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ia juga mengajak kepada seluruh wartawan untuk sama-sama membangun Kabupaten Banggai dengan terus mempublikasikan melalui media.

Ia juga mengapresiasi JOB Tomori selaku perusahaan yang rutin menyelenggarakan UKW setiap tahunnya. Lulusan dari UKW pun kata Mahmud, tak perlu lagi diragukan.

Adapun 12 wartawan yang ikut UKW selama dua hari itu adalah Reza Fauzi (Utustoria), Frangky Bano (Banggai Raya), Afrianto Kuamas (Banggai Net, Abdullah (Banggai Raya), Naser Kantu (Luwuk Times), Nasri Sei (Banggai Post, Zulkifli Mangantjo (Dikte News), Irwan Frans Kusuma (Metro Luwuk) Rifan Touk (Luwuk Post), Ramli Djakaria (Kabar Luwuk), Laode Iman Firmansyah (Sangalu), Simson T (Poso Saya). (*)

Penulis: Jajad

Pos terkait