Diikuti 103 Regu, Wabup Banggai Lepas Peserta Lomba Gerak Jalan Tingkat SD

BANGGAI RAYA- Lomba gerak jalan jadi pembuka rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia di Kabupaten Banggai.

Di tengah guyuran hujan, Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili melepas sebanyak 103 regu peserta lomba gerak jalan tingkat sekolah dasar (SD) atau sederajat, Kamis (10/8/2023) siang, di Alun-alun Bumi Mutiara, Luwuk.

Dalam sambutannya sebelum melepas peserta lomba, Wabup Furqanuddin mengatakan, berbagai kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan adalah upaya untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan kecintaan kepada NKRI.

BACA JUGA:  Ribuan Warga Toili Sambut Ahmad Ali-Sulianti Murad

“Ini adalah wujud nyata untuk menumbuhkan rasa patriotisme kita terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Wakil Bupati Banggai.

Selain di titik start, masyarakat yang antusias ingin menyaksikan keseruan lomba yang rutin digelar setiap tahun oleh Dispora Banggai itu juga tampak di beberapa sisi jalan di Kota Luwuk.

BACA JUGA:  Alasan Ahmad Ali Dukung Sulianti Murad, Tinggalkan Amirudin

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banggai Yori Ntoi mengatakan, lomba gerak jalan tahun ini dibagi dalam lima kategori peserta dan dilaksanakan selama empat hari.

Gerak jalan kategori SD/sederajat dilaksanakan pada Kamis (10/8/2023). Kategori SMP dan SMA/sederajat akan dilaksanakan keesokan harinya, Jumat (11/8/2023).

Selanjutnya, kategori instansi pemda, instansi vertikal, TNI-Polri, BUMN, dan BUMD akan digelar Sabtu (12/8/2023). Peserta gerak jalan kategori umum akan menutup rangkaian lomba gerak jalan pada Minggu (13/8/2023).

BACA JUGA:  Sepupu Berkelahi di Luwuk, Satu Meninggal

“Totalnya ada sebanyak 500 regu peserta,” ujar Kepala Dispora Banggai.

Yori berharap, peringatan HUT RI tahun ini dapat membangun rasa kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. (*)

Sumber: DKISP Banggai

Pos terkait