Selesaikan Studi S1 di FISIP Untika, Ketua DPRD Banggai Beri Motivasi Generasi Muda

  • Whatsapp
Ketua DPRD Banggai, Suprapto S.Sos (kelima dari kanan) bersama peserta yudisium lainnya mengabadikan momen bersama pimpinan FISIP Untika Luwuk. FOTO: APRIANI HAMZAH

BANGGAI RAYA–  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tompotika (Untika) Luwuk baru saja meyudisium atau mengukuhkan 34 lulusan sarjana strata satu (S1), Jumat malam (26/11/2021) di Hotel Santika Luwuk.

Sebanyak 34 lulusan yang dikukuhkan ini, terdiri dari 22 mahasiswa lulusan Prodi Ilmu Pemerintahan dan 12 peserta lulusan Prodi Ilmu Administrasi Negara. Dengan demikian, puluhan lulusan ini kini berhak menyandang gelar Sarjana Ilmu Sosial (S.Sos).

Bacaan Lainnya

Menariknya, Ketua DPRD Banggai, Suprapto menjadi salah satu lulusan yang dikukuhkan oleh Dekan FISIP Untika Luwuk, Rahmat Palopa. Keberhasilannya dalam menyelesaikan studi sarjana strata satu, tentu ini menjadi motivasi bagi generasi muda di Kabupaten Banggai.

Ketua DPRD Banggai, Suprapto S.Sos menceritakan sedikit pengalamannya hingga sukses menyelesaikan studi S1. Sejatinya kata dia, seharunya dapat menyelesaikan S1 itu pada tahun 2010 lalu. Namun kesibukannya dalam memimpin desa sebagai kepala desa, membuat kuliahnya harus terhenti.

“Saya lalu sebenarnya angkatan 2005, seharusnya tahun 2010 itu sudah selesai. Hanya saja banyak kesibukan-kesibukan, sehingga kami mengulang lagi,” ujar Suprapto kepada Banggai Raya, Jumat malam (26/11/2021) usai diyudisium.

Ketika awal kuliah di kampus biru, Ia masih menjabat sebagai Kepala Desa di Mulyoharjo, Kecamatan Toili. Meski sempat terhenti, itu tidak membuat kader PDIP Banggai itu untuk tidak semangat menyelesaikan kuliahnya di Prodi Ilmu Pemerintahan.

“Yang menjadi spirit saya, karena saya sudah menjadi orangtua, anak-anak saya kuliah. Kalau di DPRD sebenarnya ijazah SMA pun saya masih dipercayakan sebagai Ketua DPRD. Tapi ini untuk memberikan spirit kepada anak saya, dan juga generasi muda lainnya,” kata Suprapto.

Menurut Suprapto, menuntut ilmu adalah suatu keharusan untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kompetensi individu. Apalagi dirinya adalah seorang pimpinan di DPRD Banggai.

“SDM (sumber daya manusia) adalah hal utama dan sangat penting. Apalagi saya sebagai pimpinan (DPRD Banggai). Ini menjadi spirit, untuk memotivasi anak saya, saudara saya dan masyarakat,” tututnya.

Menurutnya, menggapai sarjana adalah suatu keharusan untuk menjadi impian semua generasi anak muda. Bahkan, Ia pun  setelah menyelesaikan studi S1, berencana untuk kembali melanjutkan studinya ke Strata 2 (S2). “Semoga diberikan kesehatan dan panjang umur, ingin lanjut. Jarusan Manajemen,” ucapnya.

Di akhir wawancara, Ketua DPRD Banggai, Suprapto S.Sos., menyampaikan harapan kepada FISIP Untika Luwuk untuk terus meningkatkan bahan ajar, sehingga dapat melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas. Dengan demikian, para lulusan sarjana di kampus biru itu dapat menjawab tantangan zaman. (*)

Penulis: Jajad/*

Pos terkait