Pj Bupati Bangkep Usulkan Pembangunan Pelabuhan Salakan dan Air Bersih

BANGGAI RAYA – Penjabat (Pj) Bupati Banggai Kepulauan (Bangkep), Ihsan Basir terus berupaya untuk membangun daerah yang dipimpinnya tersebut.

Kamis (17/11/2022), tepatnya dalam Rapat Koordinasi Prioritas Pembangunan Infrastruktur Daerah di Provinsi Sulawesi Tengah, Ihsan Basir menyampaikan sejumlah usulan yang bersifat mandatori ke Gubernur dan Aleg DPR-RI Dapil Suawesi Tengah (Sulteng).

Usulan itu diantaranya pembangunan Sarana Air Bersih (SAB) Kecamatan Bulagi, Bulagi Utara, Bulagi Selatan dan Pembangunan Air Bersih Pulau Bakalan.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Banggai Sebut Luwuk so Kotor

“Kami pada prinsipnya hanya mengusulkan tiga hal, pertama soal pembangunan SAB IKK Kecamatan Bulagi, Bulagi Utara, dan Bulagi Selatan, dan kebutuhan pembangunan air bersih Pulau Bakalan,” kata Ihsan.

Pj Bupati mengaku, berkaitan dengan usulan tersebut, pihaknya sudah pernah berdiskusi dengan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sulteng, baik melalui pertemuan virtual, hingga diskusi luring.

BACA JUGA:  Harga Gas Elpiji Tembus Rp60 ribu, Akademisi : Pemda Harus Tegas Pada Pangkalan

Usulan berikutnya yang disampaikan Ihsan Basir, yaitu Pelabuhan Salakan. Usulan tersebut diarahkan kepada Anggota Komisi V DPR-RI Sulteng, Anwar Hafid.

Kepada eks Bupati Morowali itu, Ihsan menandaskan bahwa Bangkep sulit berkembang dalam konteks ekonomi, jika rencana pembangunan Pelabuhan Salakan tidak diakomodir.

“Kami tidak akan pernah berkembang dalam konteks ekonomi, kalau pelabuhan ini tidak pernah diakomodir,” ujar Ihsan.

Perencanaan pelabuhan tersebut, tutur Ihsan telah dimulai sejak lima tahun lalu, dari 2018. Namun hingga kini belum juga ada progres yang berarti.

BACA JUGA:  Ketua TP PKK Banggai Hadiri Rakor PKK Provinsi Sulteng

Menurutnya, masyarakat Bangkep akan berterima kasih, jika Anwar hafid mampu meloloskan rencana pembangunan pelabuhan itu ke dalam perencanaan Bappenas.

Ia juga berterima kasih kepada Gubernur Sulteng, Rusdi Mastura, yang telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan provinsi di Bangkep. (*)

Pos terkait