Yalin Bina Pimpin Yayasan Pendidikan Akhlak Al-Haq

  • Whatsapp
KETUA Umum dan Sekretaris Jenderal Yayasan Pendidikan Akhlaq Al-Haq.95 Periode 2022-2026. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Haji Yalin Bina, SH, MH terpilih menjadi Ketua Umum Yayasan Pendidikan Akhlak (YPA) Al-Haq, 95 periode 2022-2026. Bersama Sekretaris Jenderal terpilih H. Aswari A. Nadjir, S.Ag, MPdI akan memimpin YPA Al-Haq,95 selama 4 tahun kedepan.

Penunjukan itu, melalui Musawarah Besar (Mubes) Ke-VI Yayasan Pendidikan Akhlaq Al Haq,95 tahun 2021, di Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah, belum lama ini.   

Bacaan Lainnya

Ketua Umum Yayasan Pendidikan Akhlak Al Haq,95 terpilih, H. Yalin Bina menjelaskan, sejak dibentuk pada tahun 1995, dan berpusat di Kota Luwuk, YPA Akhlak Al Haq,95 telah melaksanakan musyawarah besar sebanyak enam kali.

“Kami terpilih menjadi ketua umum periode 2022-2026 melalui Mubes Ke-VI, di Kabupaten Toli-toli. Sejak tahun 1995, dan saat ini sudah musyawarah ke-6. Kedudukan kantor pusatnya di Kelurahan Keraton, Kecamatan Luwuk, dengan gedung dua tingkat, tepat di depan rumah orang tuanya Tarang,” jelas H. Yalin Bina kepada Banggai Raya, Rabu (15/12/2021).

Menurut Koordinator Fungsi Statistik Produksi Badan Pusat Statisstik (BPS) Kabupaten Banggai ini, bahwa Yayasan Pendidikan Akhlak Al Haq,95 sudah memiliki ribuan anggota, mulai di Kota Palu, dan Kabupaten Sigi, Donggala, Parigi, Toli-toli, Luwuk-Banggai, serta Provinsi Gorontalo, dan Makassar.

Di luar Pulau Sulawesi, anggota YPA Aklak Al Haq,95 tersebar di Ibukota Jakarta, Surabaya, serta di Negara tetangga, Malaysia.

 “Saya dan pak Ustadz Aswari yang merupakan Kepala MTs Al Khairat Luwuk, merencanakan akan melaksanakan Mubes ke-7 di Makassar pada tahun 2026 mendatang, bertepatan dengan masa akhir kepemimpinan kami,” tambahnya.

Untuk diketahui, Yayasan Pendidikan Akhlak Al-Haq yang dibentuk oleh Abah H. Saidi Larau, dengan maksud dan tujuan untuk membina anggotanya agar melaksanakan Syariat Islam dengan sesungguhnya, menuju kepada pematangan jiwa melalui pengamalan Dzikir Asmaul Husna.

Di bidang pengobatan, pendidikan, kesejahteraan, ketenagaan, pengkajian,lingkungan, serta bidang kepemudaan, sehingga tercapai suatu kehidupan kemaslahatan umat. (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas