Wujudkan Lingkungan Sehat, Herwin Yatim Jadi Teladan Masyarakat Banggai

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– Bupati Herwin Yatim dinilai sebagai pemimpin yang kian diteladani masyarakat Kabupaten Banggai. Sebab, Herwin memiliki komitmen yang kuat dalam mewujudkan lingkungan sehat dan bebas sampah di Banggai.

Sebagaimana hal tersebut diungkapkan langsung oleh Tika Andini (32) masyarakat dari Kecamatan Batui Selatan. Menurutnya, sebagai pemimpin daerah, Herwin merupakan orang yang konsisten dan memegang teguh komitmennya untuk menghadirkan lingkungan sehat.

Bacaan Lainnya

“Lihat dari hal sederhana, Pak Bup (Herwin Yatim) tidak lagi minum pakai dari botol plastik. Artinya ini bentuk keseriusan, bukan sekadar gerakan yang asalan di masyarakat. Tapi Bupatinya ikut mencontohkan,” ucap Tika.

Selain itu, Tika juga menambahkan bahwa di Kecamatan Batui Selatan telah ada Bank Sampah Montolutusan, yang terus berupaya mendidik masyarakat. Agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan, khususnya plastik.

“Karena sampah plastik jika tidak didaur ulang, akan berdampak untuk masa depan generasi selanjutnya. Dan ini juga tidak lepas dari upaya pemerintah daerah yang terus mendukung, pemberdayaan masyarakat,” sambung Tika.

Selain itu, Tika juga berharap kepemimpinan Bupati Herwin dan Wakil Bupati Mustar, dapat kembali memimpin Kabupaten Banggai, karena kemajuan dan perubahan telah ada di masyarakat menurut Tika.

Dalam kesempatan yang berbeda, Bupati Herwin Yatim menginginkan Kabupaten Banggai dapat memberikan kontribusi dalam menurunkan dan menciptakan lingkungan bebas sampah.

“Pada tahun 2015, Indonesia menjadi negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Dari total 64 juta ton pertahun sampah plastik di Indonesia, 3,2 juta ton pertahunnya dibuang ke laut. Dan itu Bapak Ibu, saat awal memimpin kilo 5 itu sampahnya banyak,” ujar Bupati Herwin Yatim.

Kini menurut Herwin Yatim, perilaku masyarakat sudah mulai banyak berubah. Dan ini dapat terlihat di sepanjang kilo 5, sampah-sampah sudah mulai tidak dibuang kembali ke laut.

“Lingkungan baik ini ini harus kita pertahankan dan kita jaga. Agar masyarakat sehat, kita sehat dan pariwisata Banggai semakin dicintai masyarakat,” pungkas Bupati Herwin Yatim. JAD/*