Wujud Keberhasilan Inovasi Pengelolaan Lingkungan, JOB Tomori Kembali Raih PROPER Emas

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA – Kesuksesan Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) merebut penghargaaan PROPER Emas  sebagai penilaian tertinggi terkait kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup pada Tahun 2020 silam, kembali terulang tahun 2021 ini.

Kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus mendera Indonesia, termasuk di Kabupaten Banggai sebagai wilayah operasi produksi perusahaan hulu migas yang ada di bawah pengawasan SKK Migas tersebut, bukan menjadi penghalang bagi JOB Tomori untuk mempertahankan Predikat Emas dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Anugerah PROPER Emas tersebut merupakan wujud keberhasilan JOB Tomori dengan masyarakat dan lingkungan sekitar wilayah kerja, melalui beragam program unggulan yang menghasilkan inovasi positif.

Bacaan Lainnya

Penghargaan yang diterima oleh General Manager JOB Tomori Imam Nur Akbar itu diserahkan oleh Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin di dampingi Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar, dalam ajang penghargaan PROPER di Istana Wakil Presiden, Selasa (28/12/2021).

Imam Nur Akbar mengatakan, mempertahankan penghargaan PROPER Emas merupakan prestasi JOB Tomori yang luar biasa di masa pandemic. Ini juga menjadi yang pertama bagi KKKS di wilayah Sulawesi. Langkah-langkah strategis juga dijalankan perusahaan mulai dari efektivitas biaya, mempertahankan hasil produksi, hingga tetap menjunjung tinggi operational excellence dengan membangun lingkungan kerja tangguh Covid-19. “Capaian ini merupakan bukti kinerja JOB Tomori melalui karyawan-karyawan yang melakukan inovasi dan berjalan sesuai dengan target,” kata Imam.

Program unggulan yang menjadi fokus JOB Tomori dalam meraih penghargaan PROPER Emas adalah Program Eco Inovasi yakni penanaman Mangrove Hidroponik, penurunan emisi melalui program Optimalisasi Acid Gas Removal Unit. Selain itu program inovasi agroekologi dengan program unggulan KONSER SEKSI (Konservasi Serak Sulawesi), Mesin Pinggul (Mesin Penyiang Gulma), TAMENG SIRKUS (Tanaman Mengkudu Pengusir Tikus), ikut bersama mambantu JOB Tomori mempertahakan PROPER Emas. (*)

Penulis: Iskandar Djiada/*

Pos terkait