WTP 5 Kali Berturut-turut, Suprapto Apresiasi Pemda Banggai

  • Whatsapp
Suprapto & Amirudin Tamoreka

BANGGAI RAYA- Kesuksesan Pemda Banggai mengelola keuangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) patut diacungi jempol. Betapa tidak, sejak lima tahun terakhir, Pemda Banggai mampu menorehkan hasil maksimal dalam pelaporan pengelolaan keuangan daerah. Hal ini dapat dibuktikan dengan pencapaian predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulteng. Pencapaian meraih WTP lima kali berturut-turut.

Meskipun, predikat WTP bukanlah indikator satu-satunya bahwa program yang termaktub dalam nomenklatur APBD Banggai benar-benar terlaksana dengan baik.

Bacaan Lainnya

WTP adalah opini audit tertinggi dari BPK terkait pengelolaan anggaran di kementerian atau lembaga negara/daerah. Opini ini diterbitkan jika laporan keuangan dianggap telah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik dan bebas dari salah saji material.

Bukti bahwa Pemda Banggai menerima Opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sulteng berdasarkan salinan undangan yang dikirimkan Ketua DPRD Banggai, Suprapto kepada Banggai Raya, Rabu (13/10/2021) malam.

Undangan Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura yang ditujukan kepada bupati/wali kota dan ketua DPRD kabupaten/kota se Sulteng itu bertajuk penyerahan piagam dan plakat opini WTP terhadap hasil pengelolaan keuangan daerah tahun anggaran 2020.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan penandatanganan nota kesepakatan tentang forum koordinasi pengelolaan keuangan pemerintah pusat dan daerah. Agendanya digelar hari ini, Kamis (14/10/2021), pukul 09.00 Wita, bertempat di Ruang Pogombo, Kantor Gubernur Sulteng.

Penyerahan piagam dan plakat kali ini tidak seperti biasanya. Undangan dibatasi. Mereka yang diundang berada di tempat pelaksanaan acara hanya bupati/wali kota dan ketua DPRD se Sulteng saja, tidak menghadirkan undangan lainnya.

Sementara unsur forkopimda, sekretaris daerah dan OPD (organisasi perangkat daerah) teknis lingkup kabupaten/kota hanya dapat menghadiri kegiatan tersebut secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka bersama Ketua DPRD Banggai, Suprapto dipastikan akan menghadiri kegiatan ini. Suprapto yang dihubungi semalam sudah berada di Kecamatan Bunta menuju Palu untuk menghadiri penyerahan piagam dan plakat Opini WTP. “Saya di Bunta menuju Palu. Insya Allah Pak Bupati juga hadir,” jawab Suprapto.

Atas raihan opini WTP itu, Suprapto yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Banggai ini mengaku, sangat mengapresiasi raihan yang dicapai Pemda Banggai.

Wakil rakyat berstatus tiga periode ini berharap, Opini WTP itu mampu membangkitkan gairah seluruh perangkat daerah untuk meningkatkan kinerjanya. “Kami memberikan apresiasi kepada Pemda Banggai atas predikat WTP 5 kali berturut turut tahun 2020 ini. Semoga makin memotivasi dan memberikan spirit terhadap kinerja yang kebih inovatif dan produktif dalam pengelelolaan keuangan daerah,” demikian Suprapto. (*)

Penulis: Sutopo Enteding

Pos terkait