Wisuda ke-XXVII, Untika Luwuk Kukuhkan 396 Sarjana Baru

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– Universitas Tompotika (Untika) Luwuk sukses menggelar Wisuda Angkatan ke-XXVII yang diikuti 396 lulusan sarjana strata satu (S1), Kamis (21/1/2021) di Hotel Estrella Luwuk.

Sebanyak 396 wisudawan ini diwisuda secara resmi oleh Rektor selaku Ketua Senat, H. Musdar M Amin SE., M.Si. Ratusan peserta wisuda ini tersebar dari tujuh fakultas.

Prosesi wisuda yang digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan itu dihadiri Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo mewakili Bupati Herwin Yatim selaku Ketua Badan Pendiri Yayasan Pendidikan Tompotika Luwuk, Ketua Yayasan Pendidikan Tompotika Luwuk, para anggota senat Untika Luwuk, Civitas Akademika Untika Luwuk dan para wisudawan wisudawati.

Rektor Untika Luwuk, H. Musdar M. Amin dalam pidato pembukaan rapat senat luar biasa itu, menyampaikan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunianya, sehingga dapat menghadiri acara wisuda kelulusan sarjana Untika Luwuk yang ke-XXVII.

Di tengah masa pandemi ini, Rektor Musdar M Amin juga mengajak kepada semua yang hadir, agar tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu 3 M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, sesuai ketentuan pemerintah.

Menurut dia, pendidikan tinggi adalah wahana utama dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Karena salah satu fungsi pendidikan tinggi adalah mengembangkan civitas akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing dan kooperatif melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas kompetensi dan bersertifikasi kurikulum yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, ahlak mulia dan keterampilan serta proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, yang sesuia dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata H. Musdar M. Amin.

Hal ini kata dia, merupakan tugas berat yang harus dijawab oleh perguruan tinggi bersama pemerintah dan swasta serta stakeholder.

Tugas berat yang dihadapi di era new normal dan revolusi industri 4.0 adalah hendaknya universitas mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia berahlak mulia berdasarkan pemahaman keyakinan agama.

Berdasarkan UU pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003 kata dia, bahwa perguruan tinggi yang dapat mengeluarkan ijazah sarjana adalah perguruan tinggi yang telah terakreditasi.

Ia menjelaskan, di tahun akademik 2017/2018, 13 program studi yang ada di Untika Luwuk yang terakreditasi BNbaru dua Prodi. Dan berkat kerjasama semua civitas, di tahun 2020/2021 ini, ada 6 prodi yang terakreditasi B.

“Yaitu Prodi Matematika FKIP,  Prodi PPKN FKIP,  Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi, Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian, Prodi Hukum Fakultas Hukum dan Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat, ” jelasnya.

Wisuda ini kata Rektor Musdar, merupakan wujud keberhasilan Untika Luwuk dalam mencetak sarjana berjumlah 396 orang. Itu terdiri dari FKIP 116 orang, FISIP 45 orang, Fakultas Ekonomi 74 orang, Fakultas Hukum 54 orang, Fakultas Tehnik 16 orang, Fakultas Pertanian 35 orang, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat 56 orang.

Dengan demikian kata Musdar Amin,  sejak berdirinya Untika Luwuk pada tahun 2000 hingga saat ini telah menghasilkan Alumni sebanyak 9.624 sarjana.

“Kami yakin para  Alumni Untika Luwuk yang jumlahnya cukup besar itu, telah mempersembahkan dan memberikan kontribusi yang sangat berarti terhadap bangsa dan masyarakat, sesuai dengan kadar disiplin ilmu mereka masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Banggai, H. Mustar Labolo mewakili Bupati Banggai mengatakan, wisuda ini merupakan satu peristiwa yang perlu dicatat atas keberadaan Untika Luwuk yang telah berhasil menelurkan sejumlah sarjana yang cukup signifikan.

“Tentu saja wisuda ini reflika keberhasilan dalam menyelenggarakan pendidikan, tidak hanya dipandang sabagai acara seremonial saja. Tetapi lebih dari itu, harus disikapi secara arif dan bijak untuk melakukan koreksi terhadap proses menejerial penyelenggaraan pendidikan,” ujar Mustar Labolo.

Keberhasilan ini kata Wabup Mustar, merupakan hasil kerja keras, dan usaha seluruh jajaran civitas Untika Luwuk.

“Olehnya melalui momentum penuh bahagia ini, saya selaku pribadi maupun kapasitas sebagai pimpinan di daerah ini. Atas nama masyarakat Kabupaten Banggai menyampaikan selamat kepada para wisudawan-wisudawati yang telah berhasil menyandang gelar sebagai seorang sarjana. Semoga keberhasilan yang telah diraih ini,  dapat dijadikan sebagai motivasi untuk terus berusaha meraih cita-cita, sekaligus dapat mengukir prestasi yang lebih baik lagi di masa mendatang,” harapnya. RUM

Pos terkait