Waspada Corona, Pengawasan Pintu Pelabuhan Balut Diperketat

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– Guna mencegah masuknya wabah virus corona di wilayah Banggai Laut, pemerintah daerah setempat mulai memperketat pengawasan khususnya di Pelabuhan Balut. Pemeriksaaan terhadap warga yang akan memsuki Balut akan dilakukan pemerintah daerah setempat.

Sekretaris Daerah Balut, Idhamsyah Tompo menginstruksikan kepada semua perangkat daerah, camat, lurah serta kepala desa untuk mengawasi setiap kedatangan warga. “Bukan hanya WNI, melainkan kerabat sendiri. Hal ini guna mencegah penularan virus yang meresahkan masyarakat,” kata Idhamsyah saat menggelar rapat koordinasi pencegahan virus corona di Kantor Bupati Balut, Senin (16/3/2020).

Bacaan Lainnya

Tidak hanya sekedar melakukan pengawasan, namun juga pemeriksaan kesehatan. “Semisal ada keluarga kita yang melakukan aktivitas   dil uar daerah harus diperiksa kesehatannya, termasuk ASN  yang melakukan perjalanan keluar daerah, apalagi daerah yang di kunjungi sudah teridetifikasi adanya Covid-19”, tambahnya.

Rapat koordinasi menghasilkan sejumlah kesepakan, diantaranya membatasi kegiatan yang melibatkan banyak orang. Melakukan pemeriksaan bagi masyarakat yang habis melakukan perjalanan keluar daerah terutama dari kota yang telah dinyatakan ada wabah virus Corona. Dan membuka posko layanan pengaduan salah satunya di areal pelabuhan.

Selain rapat koordinasi, pemerintah daerah Balut juga meliburkan siswa TK, SD, dan SMP terhitung sejak 16 sampai 30 Maret 2020. Serta menghimbau masyarakt untuk selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta melakukan kegiatan kebersihan agar tercipta lingkungan bersih dan sehat. ASW