Wartawan, Berjuang di Tengah Pandemi dan Keterbukaan Informasi

  • Whatsapp
WARTAWAN di Banggai. FOTO: ISTIMEWA

Catatan Akhir Tahun PWI Banggai

Tahun 2021 akhirnya bisa dilewati secara bersama, termasuk oleh teman-teman wartawan dan pegiat media di Kabupaten Banggai, Bangkep dan Balut.

Bacaan Lainnya

Selama setahun ini, kita semua termasuk pekerja media massa, masih diperhadapkan dengan badai Covid-19 yang belum berakhir. Bahkan dalam perjalanan setahun ini, khusus di wilayah Kabupaten Banggai, ada kondisi saat kasus Covid-19 benar-benar menjadi momok menakutkan, karena angka konfirmasi kasus positif Covid-19 yang melambung sejak pertengahan bulan Juni dan terus meningkat secara signifikan pada bulan Juli dan Agustus hingga September.

Tingginya angka konfirmasi positif, juga diiringi kenaikan signifikan kasus kematian akibat Covid-19. Kasus Covid-19 baru mulai mereda pada bulan November dan pada Desember sudah tercatat nol kasus positif.

Kondisi ini tentu saja mempengaruhi kerja-kerja wartawan maupun pekerja lain yang terkait dengan aktivitas usaha media massa.

Dalam perjalanannya, beberapa wartawan bahkan harus menjalani karantina, setelah terkonfirmasi positif Covid-19.

Meski demikian, aktivitas wartawan secara umum dan PWI Banggai sebagai organisasi khususnya, masih bisa berjalan dengan sejumlah penyesuaian agenda.

Untuk peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 yang jatuh pada 9 Februari, PWI Banggai masih bisa melaksanakan kegiatan, dengan topik yang terkait dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Agenda yang terlaksana adalah sosialisasi pencegahan transmisi lokal penyebaran covid terhadap puluhan wartawan di Kabupaten  Banggai, dengan menghadirkan dr Nurmasita Datu Adam selaku juru bicara Tim Gugus Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai.

Kegiatan lainnya adalah kampanye pencegahan transmisi lokal penyebaran covid melalui pemasangan baliho di sejumlah titik strategis di Kota Luwuk, serta aksi bagi masker untuk masyarakat dan sejumlah pondok pesantren serta panti asuhan di Kota Luwuk. Kegiatan dalam rangka HPN Tahun 2021 tersebut mendapatkan dukungan Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) serta sejumlah instansi pemerintah dan dunia usaha.

Kasus Covid-19 yang meningkat drastis sejak pertengahan Juni, juga berdampak pada wartawan dan pekerja media. Sekira 13 wartawan dan pekerja media terkonfirmasi positif Covid-19 pada periode Agustus dan September, walaupun tidak ada yang menjalani perawatan intensif di ruang isolasi, dan hanya menjalani karantina mandiri.

Kondisi Covid-19 tak hanya berdampak paparan virus corona pada wartawan dan pekerja media, namun mulai mengganggu kehidupan ekonomi wartawan dan pekerja media.

Karenanya, PWI Banggai bekerja sama dengan AJI Palu melalui sejumlah anggotanya yang ada di Kabupaten Banggai, mendirikan ‘Rumah Jurnalis’, guna mengonsolidasikan gerakan penanganan dampak pandemi Covid-19 di kalangan wartawan dan pekerja media. ‘Rumah Jurnalis’ melakukan pendataan wartawan dan pekerja media yang terpapar Covid-19 dan menggalang donasi untuk penyediaan suplemen  dan obat-obatan bagi yang terpapar, serta penyediaan bantuan bahan pokok dan suplemen hingga masker untuk seluruh wartawan dan pekerja media.

Donasi berhasil digalang dari JOB Tomori, PT DSLNG, Pertamina EP, PT PAU, Partai Golkar dan PKS,  sejumlah distributor minuman suplemen hingga kelompok organisasi seperti Babasal Mombasa dan ‘Rumah Jurnalis’ Palu. Sekira 100 wartawan, pekerja media dan aktivis yang menjadi mitra wartawan menjadi penerima bantuan penanganan dampak pandemi Covid-19 tersebut. Di samping itu, ‘Rumah Jurnalis Banggai’ juga mengadakan 1 unit oksigen tabung dan 5 oksigen mini untuk keadaan darurat, sebagai antisipasi kondisi tertentu yang dialami wartawan dan pekerja media.

Wartawan dan media juga telah berperan aktif dalam menyosialisasikan penanganan covid, ajakan melawan penyebaran covid melalui ketaatan penerapan prokes hingga sosialisasi dan ajakan vaksinasi, termasuk vaksinasi untukĀ  wartawan dan pekerja media.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang hampir mereda di bulan Desember, PWI Sulteng dan PWI Banggai dengan dukungan JOB Tomori juga sukses menggelar UKW untuk 12 wartawan yang diikuti peserta dari Kabupaten Banggai, Bangkep dan Poso.

INSIDEN PELIPUTAN

Sepanjang tahun 2021, PWI Banggai mencatat sejumlah insiden yang mengganggu atau mengurangi akses wartawan dalam mencari informasi.

Pertama; pembatasan akses peliputan yang dialami sejumlah wartawan saat meliput kegiatan serah terima memori jabatan bupati lama dan baru di DPRD Banggai, dengan dalih tidak mengantongi ID Card khusus.

Kedua; tindakan pejabat Pemda Banggai yang meminta wartawan agar tidak meliput satu kegiatan pertemuan pejabat Pemda terkait evaluasi keuangan.

Ketiga; permintaan oknum kepolisian terhadap salah satu wartawan untuk menghapus gambar di ruangan pertemuan saat Kapolda berkunjung ke Polres Banggai.

Dari beberapa peristiwa tersebut, PWI Banggai menilai masih perlunya semua pihak untuk meningkatkan pemahaman terhadap tugas wartawan dalam mencari informasi. Tugas wartawan mencari informasi, selain didasarkan pada UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, juga berlandaskan pada UU nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Terhadap area tertentu atau sebuah kondisi yang tidak dapat diakses atau diliput  sebagai bahan dan sumber informasi dengan alasan tertentu, maka pejabat berwenang seharusnya menerbitkan keputusan atau pemberitahuan sejak awal.

Wartawan profesional pasti akan memahami pengaturan sebuah pertemuan yang sifatnya terbuka atau tertutup.

PWI Banggai berharap, Tahun 2022 akan menjadi tahun yang lebih baik bagi aktivitas jurnalis secara khusus, dan publik secara umum, ditandai dengan keterbukaan informasi publik yang kian bagus.

Begitupula dari sisi kehidupan ekonomi dan sosial, PWI Banggai tentu berharap adanya perbaikan kondisi dibanding sebelumnya, sebab kehidupan media dan kehidupan wartawan secara khusus, sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang berjalan normal dan lancar. Semoga segala harapan itu, bisa terkabul di Tahun 2022 ini. ***

Editor: Sutopo Enteding

Pos terkait