Warga Wajib Gunakan Masker!

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Pemerintah Daerah Banggai mewajibkan masyarakat untuk memakai masker. Kewajiban memakai masker tersebut, tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 33 Tahun 2020.

Kepada Banggai Raya, Rabu (26/8/2020) Kasubag Dokumentasi dan Informasi, Bagian Hukum Setda Banggai, Herry Symonsz mengungkapkan, Perbup itu didasari oleh Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

“Sejak dikeluarkannya Inpres nomor 6 tahun 2020 dan instruksi Mendagri, kami mulai menyusun Perbup itu. Sekarang sudah selesai ditandatangani oleh Bupati Banggai, tinggal kami sosialisasikan,” kata Herry Symonsz.

Perbup yang memajibkan kepada masyarakat untuk memakai masker tersebut, saat ini telah memasuki tahapan untuk disosialisasikan kepada masyarakat. “Dalam waktu dekat ini akan kami sosialisasikan ke masyarakat,” kata dia.

Poin penting dalam Perbup tersebut, yakni pengendalian dan ruang lingkup pencegahan covid-19. Bahkan, Perbup itu memuat sanksi bagi setiap warga yang melanggar.

Seperti, sanksi terhadap pelanggar. Bagi perorangan, misalnya, diberikan teguran lisan atau teguran tertulis, sanksi atau kerja sosial, atau denda administratif paling tinggi Rp1.000.000.

Sementara, bagi pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penangung jawab fasilitas umum yang melanggar, diberikan teguran lisan atau tertulis, denda administarif paling tinggi Rp1.500.000, dan penghentian sementara operasional, hingga pencabutan izin usaha. SAH

Pos terkait