Warga Tak Pakai Masker Dapat Sanksi

BANGGAI RAYA- Untuk menegakkan peraturan bupati (Perbup) Banggai tentang penggunaan masker bagi masyarakat di masa Pandemi Virus Corona atau Covid-19 ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai bersama Polres Banggai dan TNI Kodim 1308 Luwuk Banggai turun melakukan razia.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Banggai, Suwitno Abusama kepada Banggai Raya membenarkan hal tersebut.

“Penegakan Perbup Banggai, yaitu penggunaan masker. Satuan Pol-PP Banggai turun bersama anggota Polres Banggai, TNI Kodim 1308 Luwuk Banggai melakukan penindakan terhadap warga yang keluar rumah tidak menggunakan masker. Alhamdulillah, progres pelaksanaan dari For Justice itu berjalan dengan baik di wilayah Kabupaten Banggai,” kata Suwitno Abusama melalui via telepon, Sabtu (24/10/2020) pekan kemarin.

Aktivitas penertiban masker dilakoni aparat mulai pagi hingga malam. Di berbagai tempat, seperti Pelabuhan Luwuk, Pelaburan Rakyat Luwuk, Pasar Simpong, Pasar Unjulan, penertiban penggunaan masker.

“Dalam operasi For Justice ini, Alhamdulillah progresnya sudah bagus, warga mulai sadar menggunakan masker,” akunya.

Kali ini, bukan sosialisasi, tapi sudah penindakan. Mereka yang tidak menggunakan masker akan dikenakan sanksi. Seperti fush up dan membersihkan jalan.

Anggota Satuan Pol-PP Banggai menyediakan masker diberikan kepada warga yang tidak menggunakan masker. “Harapan saya, dengan Covid-19 ini, agar masyarakat bisa mengikuti anjuran pemerintah dengan menjalankan protokol kesehatan,” tambahnya. RUM