Warga Soho-Kaleke Baksos Bersihkan Sampah dan Lepas 2.000 Bibit Ikan Nila di Sungai Soho

Lurah Soho dan Lurah Kaleke bersama masyarakat kedua Kelurahan saat melepaskan 2000 bibit ikan nila di kuala Soho. FOTO ISTIMEWA

BANGGAI RAYA– Paska kering beberapa bulan kemarin kuala Soho, sekarang telah kembali mengalir. Warga dua Kelurahan yaitu Kelurahan Soho dan Kaleke melakukan kerja bakti membersihkan sampah yang ada di kuala Soho,Minggu (7/5/2023). 

Gotong royong kerja bakti kali ini dengan sasaran membersihkan sampah dan rumput-rumput liar yang hidup di bantaran Sungai Soho agar air mengalir bagus. 

BACA JUGA:  Dwi Sucipto Sampaikan Progress 4 PSN Migas, Investasi Capai Rp487 Triliun

Lurah Kaleke, Frengky AR Pattinasarany menjelaskan, kegiatan kerja bakti yang dilakukan warganya tersebut melibatkan puluhan orang dari dua kelurahan.

Semuanya bekerja bakti dengan membersihkan tanggul kuala dengan alat seadanya yang dibawa warga. Pada kesempatan ini, Lurah Soho bersama kedua warga kelurahan melepaskan 2000 ekor bibit ikan nila di bantaran Sungai Soho. 

BACA JUGA:  DPRD-Bupati Banggai Sepakati KUA PPAS Tahun 2025

”Saat curah hujan turun untuk itu kami ingatkan agar masyarakat waspada dan tidak membuang sampah di bantaran Sungai Soho, sebab bila sampah terdorong arus kuala dan menumpuk akan menyumbat aliran sehingga air melimpas dan terjadi banjir,”  ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Soho Wismoyo S. Poma, S.STP, mengatakan, kerja bakti ini dilaksanakan untuk mengoptimalkan pengairan dan kebersihan lingkungan. Pembersihan sampah-sampah di seputaran Kuala Soho ini, dilakukan guna meminimalisir terjadinya banjir luapan sungai. 

BACA JUGA:  Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat, DSLNG Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Rahim dan Payudara

Menurutnya, kegiatan seperti ini membantu air kuala Soho dapat mengalir dengan lancar dan enak dipandang karena telah bersih dari sampah-sampah serta rumput liar yang ada di bantaran kuala tersebut.AGK

Pos terkait