Warga Dodung Balut Unjuk Rasa Tuntut Penyelesaian Pembebasan Lahan Perkuburan

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Puluhan warga Kelurahan Dodung, Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut (Balut) turun melakukan unjuk rasa, Kamis (14/10/2022).

Unjuk rasa yang dilakukan dengan longmars ini, untuk menuntut penyelesaian pembebasan lahan perkuburan di kelurahan tersebut.

Bacaan Lainnya

Tuntutan massa aksi ini, terkait dugaan terjadinya penggelapan dana talangan pembebasan lahan Perkuburan oleh oknum pegawai di Dinas Lingkungan Hidup Balut, sebesar Rp40 juta pada tahun 2019 silam.

Setelah melakukan longmars dan menyampaikan orasi di setiap sudut kelurahan, aksi yang dipimpin Korlap Pudin itu langsung menuju Kantor Bupati. Sebelumnya, massa aksi juga menyampaikan orasinya di depan Kantor DLH Balut.

Tiba di Kantor Bupati, massa aksi disambut langsung oleh Bupati Balut, Sofyan Kaepa dengan baik.

Didampingi Sekda Balut, Ruslan Tolani dan Inspektur Inspekforat Balut, Ludin Muktar, orang nomor satu di Balut itu spontan menaiki mobil pendemo.

Dalam kesempatannya, Bupati mengucapkan terimah kasih karena telah diingatkan perihal indikasi pengelapan uang oleh seorang oknum PNS di tahun sebelum menjabat Bupati.

“Perihal permasalahan ini saya dan beberapa orang termasuk ketua panitia pembebasan lahan sudah melakukan negosiasi dengan yang bersangkutan, dan janjinya hari ini juga (Kamis, Red) akan di lselesaikan,” ungkap Bupati Sofyan.

“Kami berikan saran apakah dikembalikan langsung ke panitia nanti buktinya diserahkan ke Pemda atau kembalikan ke Pemda nanti Pemda yang serahkan kepanitia. Kalau sampai batas waktu tidak ada itikar untuk membayar maka jalur hukum itu sudah pasti,” tegasnya.

Sebelum balik, massa aksi singah di Kantor DPRD Balut dan diterima oleh Wakil Ketua I DPRD Balut, Patwan Kuba. Patwan berjanji hari itu juga akan melakukan koordinasi dengan pihak Pemda dan hasilnya akan di sampaikan ke pihak kelurahan. (*)

Penulis: Aswan Basir

Pos terkait