Wakili Banggai, Buon Mandiri Ikut Lomba Kampung KB Tingkat Provinsi Sulteng

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-  Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Bi’ot Matami, Desa Buon Mandiri, Kecamatan Luwuk Utara mewakili Kabupaten Banggai mengikuti Lomba Kampung KB tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022.

Tim Penilai dari BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah yang didampingi Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Banggai, Dr. dr. Anang Otoluwa mengunjungi Desa Buon Mandiri, Selasa (24/5/2022).

Bacaan Lainnya

Desa Buon Mandiri, Kecamatan Luwuk Utara, merupakan salah satu dari empat kampung KB se Sulawesi Tengah yang masuk dan lolos penjaringan untuk ikut serta pada lomba Kampung KB tingkat provinsi.

Kampung KB Bi’ot Matami, Desa Buon Mandiri mewakili Kabupaten Banggai untuk bersaing dengan tiga kabupaten lainnya, yakni Kampung KB Montolutusan, Kabupaten Banggai Laut, Kampung KB Sincimaya, Kabupaten Poso dan Kampung KB Tipo, Kota Palu.

Tim Penilai dari Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah bersama Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Banggai mengunjungi Kampung KB Bi’ot Matami untuk melakukan penilaian langsung.

Tim penilai terdiri dari sembilan orang yang diketuai oleh Koordinator Pengendalian Penduduk, BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah, La Ode Dia, S.Pd, MAPS.

Tim melakukan Penilaian di Kampung KB Desa Buon Mandiri kurang lebih 2 jam. Selain Kelompok kerja 8 fungsi keluarga, tim juga menilai rumah data kependudukan yang ada di Desa Buon Mandiri.

Yang menjadi tambahan inovasi adalah Lapak Jalapagos Kampung KB Bi’ot Matami yang berlokasi di pesisir pantai Desa Buon Mandiri.

Sebanyak 30 lapak yang didirikan secara swadaya di bawah binaan Kelompok UPPKA Desa Buon Mandiri. Dimana lapak tersebut merupakan hasil kolaborasi dari lintas sektor, terutama peran penuh Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan, Penyuluh KB dan Stakeholder, seperti Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pertanian, serta Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai.

Dalam laporannya, Kepala Desa Buon Mandiri, Muhardin Kamudin menyampaikan, bahwa Kampung KB Bi’ot Matami merupakan kampung KB pertama di Kabupaten Banggai yang dicanangkan sejak tahun 2016.

Menurut dia, berdasarkan klasifikasi BKKBN Kampung KB Bi’ot Matami Desa Buon Mandiri masuk dalam klasifikasi berkembang, dimana tinggal satu tingkat lagi untuk menjadi klasifikasi Kampung KB Paripurna.

“Disentil dalam beberapa kesempatan, mulai dari laporan kepala desa, sambutan Camat Luwuk Utara dan sambutan Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Banggai. Besar harapan agar dari penilaian ini, Kampung KB Bi’ot Matami bisa menjadi Juara Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah,” harapnya.

Penulis: Rum Lengkas

Editor: Jajad Sudrajad

Pos terkait