Wabup Pantau Layanan KB Sejuta Akseptor

BANGGAI RAYA- Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo turun memantau langsung pelayanan KB sejuta akseptor dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27, Senin (29/6/2020) di lapangan Makodim 1308/Luwuk Banggai.

Pelayanan KB secara serentak ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas P2KBP3A Banggai bekerjasama dengan Kodim 1308 Luwuk Banggai. Dan pelayanannya dilaksanakan secara serentak se Indonesia, dan khusus di daerah ini dilakukan di semua kecamatan atau fasilitas kesehatan yang ada.

Wabup Mustar Labolo dalam sambutannya mengatakan, peringatan Harganas ini untuk mengingatkan kembali betapa pentingnya arti keluarga sebagai pondasi dasar membangun bangsa dan negara. Dan juga sebagai momentum untuk mendorong setiap keluarga agar tetap memelihara nilai-nilai kebersamaan dengan jalan menerapkan 8 fungsi keluarga secara komprehensif.

Sehingga bukan hanya fungsi reproduksi saja yang diutamakan, akan tetapi 7 fungsi lainnya juga tidak boleh diabaikan yaitu fungsi agama, ekonomi, cinta kasih, sosialisasi dan pendidikan, sosial budaya, perlindungan dan pembinaan lingkungan.

Dengan mengatur jumlah anggota keluarga dalam hal ini anak sambung dia, adalah kunci untuk melindungi generasi penerus dari kemungkinan malfungsi fisik psikologis, ekonomi dan sosial yang kelak akan berkontribusi dalam mewujudkan keluarga sehat, mandiri, dan berkualitas di Kabupaten Banggai.

Melalui gerakan sejuta akseptor yang dicanangkan dalam peringatan Harganas ke-27 kali ini, diharapkan berjalan sukses dengan hasil yang maksimal dan secara khusus di Kabupaten Banggai dapat memenuhi target 3.427 akseptor.

“Saya mengapresiasi kepada Kodim 1308/LB, Dinkes dan RSUD Luwuk, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan berharap PSU (pasangan usia subur) di Kabupaten Banggai dapat terlayani dalam ber-KB sesuai dengan keinginan dari akseptor,” harapnya.

Usai membuka layanan KB serentak ini, Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo didampingi Kadis P2KBP3A Banggai, dr. I Wayan Suartika dan Kasdim 1308/LB, Mayor Inf Red Abner Patambo beserta undangan lainnya meninjau langsung kegiatan palayanan KB.

Secara terpisah, Kadis P2KBP3A Banggai, dr. I Wayan Suartika mengatakan, selain layanan KB serentak, pihaknya juga melakukan open donasi 1 ton beras dan lomba video open donasi satu ton beras.

“Untuk kegiatan pelayanan KB ini kita bekerjasama dengan Kodim 1308/LB. Kalau di kecamatan-kecamatan kerjasama dengan Koramil atau babinsa. Jadi ini adalah pelayanan KB serentak se Indonesia,” ujar Kadis Wayan Suartika.

Adapun jumlah akseptor yang akan mengikuti layanan KB gerakan sejuta akseptor ini kata Wayan, ada 5.303 orang yang terdaftar. Namun jumlah tersebut belum final, bisa saja calon akseptor atau yang bersangkutan tensinya tingggi sehingga harus menunda ber-KB.

“Melalui layanan KB serentak dalam menyambut Harganas ke-27 ini, kami berharap bisa menekan angka kelahiran. Mengingat di masa pandemi ini diberlakukan stay at home yang dikhawatirkan terjadi ledakan angka kelahiran. Jadi ini merupakan upaya untuk menekan angka kelahiran,” pungkasnya. JAD

23 Pengunjung membaca berita ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!