Usai Dimediasi, Warga Bantayan Buka Akses Pemalangan Jalan

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Aksi spontan pemalangan jalan dan bakar ban sejumlah masyarakat di Desa Bantayan, Kecamatan Luwuk Timur berhasil dibuka usai Kapolsek Luwuk AKP Candra bersama Danramil Luwuk 1308-01 Letda Inf Romel Kamea bertemu warga, Kamis (12/5/2022).

“Sekitar pukul 11.00 Wita akses jalan yang sempat ditutup oleh sebagian warga di Desa Banyatan telah dibuka setelah kami bersama Danramil menemui warga yang melakukan aksi,” ungkap Kapolsek Luwuk AKP Candra.

Bacaan Lainnya

Pemalangan jalan tepatnya di Tugu Desa Bantayan, Kecamatan Luwuk Timur Jalan poros Luwuk-Balantak itu dilakukan terkait penolakan aktivitas perusahaan pengolahan batu kapur oleh PT. KPP (Kostrindo Putra Perkasa).

Dalam negosiasi tersebut, Kapolsek Luwuk bersama Danramil mengimbau warga Desa Bantayan yang melakukan aksi untuk membuka jalur lantaran tindakan tersebut mengganggu kepentingan umum.

“Kami menyampaikan bahwa aksi ini mengganggu masyarakat maupun pengguna jalan lainya yang akan melintas serta aksi tersebut melanggar hukum dan bisa diproses hukum sesuai undang-undang yang berlaku,” tegasnya.

Sekitar Pukul 12.15 Wita, dilakukan pertemuan penyelesaian permasalahan dan tuntunan warga Desa Bantayan terkait penolakan aktivitas perusahaan pengolahan batu kapur PT. KPP di kantor Kantor Desa Bantayan yang difasilitasi Polsek Luwuk dan Danramil Luwuk 1308-01.

“Namun dalam pertemuan tersebut perwakilan pihak perusahaan PT. KPP tidak hadir sehingga masyarakat pemilik lahan meminta dilakukan pertemuan kembali dengan menghadirkan managemen perusahaan yang direncakanan pada Jumat 13 Mei 2022 di Kantor Desa Bantayan,” imbuh AKP Candra.

AKP Candra menambahkan, PT. KPP telah melakukan sosialisasi sebanyak dua kali kepada warga yakni pada 7 Maret dan 22 April 2022 yang dihadiri Camat, Kasubsektor Luwuk Timur, Kades Bantayan, Babinsa, tokoh desa dan warga.

“Adapun lokasi kegiatan perusahaan tersebut berada di Desa bantayan dan Ranga-ranga Kecamatan Luwuk Timur yang bergerak di bidang tambang batu gamping,” tutup AKP Candra. (*)

Sumber: Humas Polres Banggai

Pos terkait