Urus Administrasi, Lulusan PPPK Guru Padati RSUD Luwuk

BANGGAI RAYA- Ratusan lulusan guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2023 memadati ruang Kantor Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk, Kabupaten Banggai, Rabu (3/1/2024).

Kehadiran ratusan guru PPPK di RSUD Luwuk tersebut dalam rangka mengurus syarat administrasi sebagai pegawai Pemda Banggai.

Seperti amatan Banggai Raya, Rabu pagi itu, sebanyak ratusan guru memadati setiap sudut kantor, termasuk halaman RSUD Luwuk.

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

Informasi yang didapatkan bahwa setiap hari RSUD Luwuk melayani pengurusan persyaratan Medical Check Up (MCU) sebanyak 150 orang.

Lulusan guru PPPK itu, mengurus persyaratan MCU, yakni pemeriksaan Narkoba, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan kejiwaan (rohani).

Dalam pengurusan MCU tersebut, para guru harus merogoh kocek sebesar Rp1.092.000, terdiri dari biaya pemeriksaan Narkoba sebesar Rp392.000, biaya pemeriksaan kesehatan fisik sebesar Rp150.000, dan pemeriksaan kejiwaan sebesar Rp550.000.

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

“Saya mau mengurus surat keterangan kesehatan. Saya baru kase masuk berkas, masih menunggu nomor antrean untuk mendapatkan surat keterangannya,” kata seorang lulusan guru PPPK kepada Banggai Raya, di RSUD Luwuk.

Untuk diketahui, Medical Check Up adalah sebuah prosedur yang ditujukan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh.

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

Tujuan MCU, biasanya untuk evaluasi kesehatan, agar bisa mencegah penyakit sedari dini sebelum bertambah para.

MCU dimanfaatkan untuk keperluan tertentu, misalnya melamar kerja, agar dapat dinilai kesehatan fisik dan organ dalam yang dikaitkan dengan aktivitas kerja nantinya. RUM